Pelaksanaan Sekolah Sehat di SMP Negeri 24 Padang

  • Rendy Tri Utama Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: implementasi, sekolah sehat, sekolah adiwiyata

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanan sekolah sehat, serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan informan guru, siswa, dan masyarakat sekitar sekolah yang ditentukan dengan memakai teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sekolah sehat di SMP Negeri 24 Padang mengacu kepada UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), dimana kegiatannya meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Adapun faktor pendukungnya yaitu: 1) komitmen yang kuat dari guru ataupun warga sekolah untuk menjadikan SMP Negeri 24 Padang sebagai sekolah sehat, 2) kerjasama yang baik antar personil sekolah, 3) SMP Negeri 24 Padang merupakan sekolah Adiwiyata, sedangkan faktor pengambatnya yaitu: 1) adanya sebagian siswa yang karakternya susah diatur, 2) masih kurangnya dukungan dari pedagang kantin. 

References

Akmal. 2011. Hak Asasi Manusia Teori Dan Praktik. Padang: UNP Press
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. 2012. Pedoman Pelaksanaan UKS Di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
E. Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Nunik, Kusumawardani. 2015. Perilaku Beresiko Kesehatan Pada Pelajar SMP Dan SMA DI Indonesia. Jakarta: Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI
Mundiatun dan Daryanto. 2015. Pengelolaan kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: Gava Media.
Soedarto. 2013. Lingkungan Dan Kesehatan Environment And Health. Jakarta: CV Sagung Seto
Soekidjo, Notoatmodjo dkk. 2012. Promosi Kesehatan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
http://www.depkes.go.id diakses pada tanggal 25-04-2017.
Published
2018-12-28
How to Cite
Utama, R., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2018). Pelaksanaan Sekolah Sehat di SMP Negeri 24 Padang. Journal of Civic Education, 1(3), 242-249. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.225

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.