Tradisi Serasean: Nilai-nilai Kearifan Lokal Masyarakat Transmigran di Nagari Sungai Duo dalam Mewujudkan Keharmonisan Sosial

  • Gushidayat Afriandi Universitas Negeri Padang
  • Ideal Putra Universitas Negeri Padang
  • Nurman Nurman Universitas Negeri Padang
Keywords: tradisi, kearifan lokal, interaksi sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi serasean beserta makna dan nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, yang dilakukan di Nagari Sungai Duo Kabupaten Dharmasraya. Informan penelitian dipilih dengan metode purpossive sampling, terdiri dari kepala Jorong, ketua RT, tokoh masyarakat dan masyarakat Jorong Karya Budaya Timur dan Barat. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi peran serta, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan tradisi serasean bertujuan untuk mewujudkan keserasian dalam kehidupan masyarakat, dengan menekankan kesadaran diri akan pentingnya menjaga sikap dalam berinteraksi antar individu dengan individu ataupun dengan kelompok. Di dalam pelaksanaan tradisi serasean terdapat beberapa prosesi dan simbol yang memiliki makna tentang nilai-nilai penting dalam interaksi sosial, yaitu sikap rela berkorban, kesopanan, religius, musyawarah dan gotong royong. Nilai-nilai tersebut didasari oleh pandangan hidup dan keyakinan masyarakat tentang konsep keharmonisan alam semesta.

References

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika, 1(2), 123–130.
Forisa, H. (2014). Livelihood Strategies of Migrants in the Transmigrasi Location in Indonesia. Trondheim: NTNU Norwegian University of Sciences and Technology.
KemendesPD3T, D. P. (2015). Sejarah Singkat Transmigrasi Sejarah Singkat Transmigrasi. Jakarta: KemendesPD3T.
Murtisari, E. T. (2013). Some Traditional Javanese Values in NSM From God to Social Interaction. International Journal of Indonesian Studies, 1, 110–125.
Suprapto. (2013). Revitalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal bagi Upaya Resolusi Konflik. Walisongo, 21(1), 19–38.
Published
2018-11-30
How to Cite
Afriandi, G., Putra, I., & Nurman, N. (2018). Tradisi Serasean: Nilai-nilai Kearifan Lokal Masyarakat Transmigran di Nagari Sungai Duo dalam Mewujudkan Keharmonisan Sosial. Journal of Civic Education, 1(2), 204-210. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.234

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.