Implementasi Perda Kota Padang No. 1 Tahun 2012

Studi tentang pembinaan pengemis di Kota Padang

  • Novela Rizka Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
Keywords: peraturan daerah, pengemis, Padang

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi Perda Kota Padang No. 1 Tahun 2012 Tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis, Pengamen dan Pedagang Asongan yang berfokus pada pembinaan pengemis di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Perda Kota Padang No. 1 Tahun 2012 yang pada penelitian berfokus ke pembinaan pengemis sudah berjalan dengan baik, namun masih adanya hambatan dalam melaksanakan usaha preventif, represif dan rehabilitasi yang tertera pada Perda, hal ini dikarenakan rendahnya komunikasi yang dilakukan oleh implementor kepada kelompok sasaran, kurangnya koordinasi antar instansi, serta kurangnya partisipasi masyarakat terhadap kebijakan ini. Hambatan dalam pengimpementasian Perda terdiri atas aspek komunikasi dan aspek sumber daya (manusia dan sarana prasarana). Serta upaya pemerintah dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan Perda ini dilakukan dengan cara melaksanakan patroli dan razia rutin serta memberikan pengarahan dan melakukan kerjasama dengan instansi lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian Perda Kota Padang No. 1 Tahun 2012 secara keseluruhan sudah berjalan meskipun secara teknik/prosedur pelaksanaannya pada usaha preventif, represif dan rehabilitasi yang tertera di dalam Perda ini belum dilaksanakan secara efektif.

References

Alfiani, Desi. 2018. Implementasi Kebijakan Penertiban dan Penanggulangan Pengemis, Anak Jalanan dan Gelandangan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Samarinda. eJournal Administrasi Negara, Volume 6 , Nomor 1, 2018.
Damayanti, Welda. 2017. Implementasi Kebijakan Penanggulangan Gelandangan dan Pengemis di Kabupaten Demak Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015. Journal of Politic and Government Studies Vol 6, No 3 . 2017.
Indiahono, Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys.Yogyakarta: Gava Media.
Joni, Dori Rakasman. 2014. Pelaksanaan Penertiban Gelandangan dan Pengemis di Kota Padang
Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Padang No 11 Tahun 2005 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. ejurnal Bunghatta Vol 4, No 1, 2014.
Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis, Pengamen, Dan Pedagang Asongan.
Suri, Dia Meirina. 2017. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Kebijakan Penertiban Dan Pembinaan Gelandangan Dan Pengemis Di Kota Pekanbaru. PUBLIKa, Vol 3, No. 1 Hal. 89-101 (2017).
Sutar, 2010. Implementasi Perda no 12 tahun 2008 tentang Ketertiban Sosial dalam Penanganan Gelandangan di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Syahroni, Novita Nur. 2017. Implementasi Kebijakan Penanganan Gelandangan dan Pengemis di Kabupaten Bantu. Jurnal Adinegara. Vol 6, No 4, 2017.
Zul, Muaz. 2014. Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Penanganan Gelandangan Dan Pengemis Di Kota Medan Pada Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Administrasi Publik JAP Vol 2, No. 1, Juni 2014.
Published
2020-08-27
How to Cite
Rizka, N., & Suryanef, S. (2020). Implementasi Perda Kota Padang No. 1 Tahun 2012. Journal of Civic Education, 3(3), 218-230. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.373

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.