TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN DI SEKOLAH MAYORITAS BUDHA (Studi di SD Manjushri Padang)

  • Revinna Ornela Kartini UNP
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: Sikap, Toleransi, Keberagaman

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan mendapatkan informasi tentang bentuk-bentuk sikap toleransi beragama siswa di SD Manjushri Padang dan bagaimana strategi guru dalam pembinaan sikap toleransi beragama siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling kepada guru dan siswa terutama guru-guru dan siswa-siswa yang berbeda agama. Uji keabsahan data adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, data display, dan mengambil kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi beragama diantara siswa berjalan dengan baik. Bentuk-bentuk sikap toleransi beragama di SD Manjushri Padang terlihat pada sikap tidak memaksakan satu agama kepada orang lain, tidak memusuhi orang yang berbeda agama, hidup rukun dan damai sesama manusia. Strategi dalam pembinaan sikap toleransi beragama di SD Manjushri melalui pemberian teladan, kegiatan sekolah yang terdiri dari kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan.

References

Ahmadi, Rulam. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara: Jakarta.
Moleong, Lexi J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rostakarya.
Ratna Willis Dahar. 2011. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Hjelm, T. 2014. religious equality, freedom of religion and national identity in finnish political discourse. National piety vol 44 (1).
Julianti.2013. Internalisasi Nilai Toleransi Melalui Model Telling Story Pada Pembelajaran Pkn Untuk Mengatasi MasalahTawuran.Jurnal.upi.edu/file/julianti.pdf.
Khotimah. 2014. Agama dan civil society. Jurnal Ushuluddin Vol. XXI No. 1. Diakses tanggal 30 Agustus 2018.
Ali Miftakhudin. 2013. Skripsi Toleransi Beragama Antara Minoritas Syiah Dan Mayoritas Nadhiyin Di Desa Margolinduk Bonang Demak, (Semarang: Fakultas Ushuludin Iain Walisongo Jurusan Perbandingan Agama) hlm. 19-21 s
Published
2019-02-12
How to Cite
Kartini, R., Indrawadi, J., & Isnarmi, I. (2019). TOLERANSI DALAM KEBERAGAMAN DI SEKOLAH MAYORITAS BUDHA (Studi di SD Manjushri Padang). Journal of Civic Education, 2(1), 23-29. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.100

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.