FENOMENA PERILAKU ANAK YANG ORANG TUANYA BEKERJA DI LUAR NEGERI (studi di kenagarian Tuik IV Koto Mudiak Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan)

  • Heki Mandri Saputra UNP
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Perilaku moral, Perilaku sosial

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana fenomena perilaku anak yang orang tuaya bekerja di luar negeri dalam segi perilaku moral serta perilaku sosial anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri  di kenagarian Tuik IV Koto Mudiek Kecamatan batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini mengguanakan metode mixed methods yaitu gabungan antara metode penelitian kuantutatif dan kualitatif. Angket di sebarkan ke 37 anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri dan wawancara di lakaukan ke 15 orang yang terdiri dari anak yang orang tuanya bekerja di luar nageri, teman bermain, masyarakat serta keluarga dari anak yang orang tuanya bekerja di luar nageri. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa anak yang orang tuaya bekerja di luar negeri mempunyai perilaku moral dan perilaku sosial yang cukup baik, adapun hal negatif yang di lakukan beberapa anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri seperti membawa motor dengan kecepatan tinggi dan lain-lain. Maka dari dari itu perilaku anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri mempunyai perilaku cukup baik walaupun ada beberapa memepunyai perilaku yang menyimpang seperti judi dan meminum miras.

Published
2019-02-12
How to Cite
Saputra, H., Isnarmi, I., & Indrawadi, J. (2019). FENOMENA PERILAKU ANAK YANG ORANG TUANYA BEKERJA DI LUAR NEGERI (studi di kenagarian Tuik IV Koto Mudiak Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan). Journal of Civic Education, 2(1), 30-37. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.104
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>