KOMUNIKASI SOSIAL SISWA DI SMP N 34 PADANG

  • Anggia Nurmila UNP
  • Nurman Nurman Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: komunikasi, sosial, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang bentuk komunikasi sosial siswa di SMP Negeri 34 Padang  dan upaya sekolah dalam meningkatkan komunikasi sosial siswa yang baik di SMP Negeri 34 Padang. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif. 17 orang yang dipilih dengan purposive sampling yang berda di SMP Negeri 34 Padang .Data dikumpulkan dengan cara observasi , wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan validasi data digunakan trianggulasi sumber selanjutnya data dianalisis mengacu kepada tahapan analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi sosial siswa di SMP Negeri 34 Padang , yang mencangkup bentuk komunikasi sosial siswa dan upaya sekolah dalam meningkatkan komunikasi sosial siswa di Sekolah. Bentuk-bentuk komunikasi sosial siswa di SMP N 34 Padang yaitu :  komunikasi sosial dalam pembelajaran, komunikasi sosial dalam geng (kelompok), dan komunikasi sosial dalam kebersihan lingkungan kelas. Serta upaya yang di lakukan oleh sekolah dalam meningkatkan komunikasi sosial siswa dengan adanya kegiatan pembinaan bagi siswa dan kegiatan parenting kelas. Pembinaan siswa dan parenting kelas  yang dilakukan kepada siswa dengan menciptakan kondisi atau membuat siswa sadar akan tingkah laku, karakter siswa, dan cara belajar siswa. ini merupakan cara untuk mengatasi permasalahan terhadap komunikasi sosial siswa.

Published
2019-02-12
How to Cite
Nurmila, A., Nurman, N., & Montessori, M. (2019). KOMUNIKASI SOSIAL SISWA DI SMP N 34 PADANG. Journal of Civic Education, 2(1), 38-45. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.105
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>