KERJASAMA ANTARA ETNIS MINANGKABAU DAN ETNIS NIAS DALAM KONTEKS SOSIAL BUDAYA DI NAGARI SUNGAI BULUH BARAT KECAMATAN BATANG ANAI

  • Luthfi Dara Amalia UNP
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: Kerjasama, Etnis, Sosial-Budaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan kerjasama Sosial-Budaya yang terjalin oleh dua etnis yang berbeda dalam masyarakat Nagari Sungai Buluh Barat. Disamping itu juga untuk mengidentifikasi faktor pendukung terjalin nya kerjasama dan upaya yang dilakukan sehingga keharmonisan tetap terjalin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan varifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama sosial-budaya yang terjalin di Nagari Sunga Buluh Barat terjalin secara harmonis. Etnis Minangkabau dan Etnis Nias sama sama saling membuhkan satu sama lain. Kerjasama yang terjalin di Nagari Sungai Buluh Barat yaitu kerjasama dari segi sosial-budaya, ekonomi dan agama. Kerjasama dari segi sosial Budaya yaitu Gotong Royong, Acara sosial, organisasi masyarakat dan ketrikatan adat. Kerjasama dari segi ekonomi terletak dari segi Jual beli dan jasa. Kerjasama dari segi agama terlihat dari Toleransi Antar Umat beragama di dalam masyarakat. Adapun Faktor pendukung yang dilakukan yaitu saling menghormati dan menghargai antar etnis dan antar agama, adanya toleransi Sosial.Adapun upaya yang dilakukan yaitu adanya keadilan dari Wali Korong terhadap kedua belah Etnis dan Sikap saling menghargai yang terjalin antara Etnis Minangkabau dan Etnis Nias.

Published
2019-02-12
How to Cite
Amalia, L., Montessori, M., & Indrawadi, J. (2019). KERJASAMA ANTARA ETNIS MINANGKABAU DAN ETNIS NIAS DALAM KONTEKS SOSIAL BUDAYA DI NAGARI SUNGAI BULUH BARAT KECAMATAN BATANG ANAI. Journal of Civic Education, 2(1), 46-55. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.107
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>