UPAYA KPU KOTA SOLOK MENJADIKAN RUMAH PINTAR PEMILU SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK

  • Mutia Eka Masputri UNP
  • Al Rafni Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
Keywords: Pendidikan Politik, Rumah Pintar Pemilu, KPU

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya KPU dalam menjadikan rumah pintar pemilu sebagai sarana pendidikan politik dan menggabarkan kendala yang dihadapi KPU Kota solok dalam menjadikan rumah pintar pemilu sebagai sarana pendidikan politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dan dokuentasi. Informan penelitian ini ada tiga orang yang terdiri dari satu komisioner KPU yang menjabat dalam divisi Sumber Daya Masyarakat dan partisipasi masyarakat. satu kepala subbagian teknik dan hubungan masyarakat. satu devisi teknis, teknik analisis yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi datauji keabsahan data yang di gunakan yaitu trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian upaya KPU kota solok menjadikan rumah pintar pemilu sebagai sarana pendidikan politik adalah 1. Melakukan sosialisasi melalui radio, selebaran-selebaran tentang rumah pintar pemilu kepada masyarakat.2. Melakukan kunjungan (visit) kesekolah-sekolah untuk mensosialisasikan pemilu.3. Mengundang RT dan RW untuk melakukan sosialisasi mengenai tahapan pelaksanaan pemilu 2019. 4. Melakukan kursus kepemiluan guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019. 5. Melakukan kerjasama dengan fakultas hukum UMMY solok sehingga mahasiswa dapat belajar banyak dan melakukan penelitian atau studi tentang kepemiluan. 6. Melibatkan guru ppkn dalam pemebelajaran pkn itu sendiri diman pada sd di pra pemilih itu orang sudah berkunjung ke rumah pintar pemilu. Serta kendalanya mulai dari segi dana, SDM, dan sarana dan prasarana.

Published
2019-02-12
How to Cite
Masputri, M., Rafni, A., & Dewi, S. (2019). UPAYA KPU KOTA SOLOK MENJADIKAN RUMAH PINTAR PEMILU SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK. Journal of Civic Education, 2(1), 67-75. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.109

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.