DAMPAK PEROLEHAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH REMAJA DALAM PEMILIHAN UMUM

  • Helen NM Napitupulu Akademi Maritim Medan
  • Ade Irma Sagala Akademi Maritim Medan
Keywords: Pendidikan kewarganegaraan, Pemilihan Umum, Partisipasi Pemilih Remaja

Abstract

Tingkat partisipasi masyarakat menjadi salah satu satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan Pemilu. Pada PILKADA serentak tahun 2018  di 171 daerah di Indonesia,tercatat partisipasi pemilih mencapai 73,24 % dari jumlah DPT yang lebih kecil dibanding partisipasi pemilih Pilkada tahun 2017 yang mencapai 74 %. (sumber : data KPU RI).

Berbagai cara dilakukan untuk mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat termasuk Pemilih Remaja (pemilih pemula). Mengajak kaum milenial lebih aktif dalam Pemilu membutuhkan metode dan pendekatan yang tepat hingga mampu meningkatkan partisipasi mereka dalam Pemilu, salah satunya melalui pendidikan demokrasi dan HAM yang menjadi bagian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar dampak perolehan Pendidikan kewarganegaraan terhadap peningkatan partisipasi pemilih remaja pada Pemilu.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap 200 orang pemilih remaja di 3 Sekolah Menengah Atas dan 2 Perguruan Tinggi di Kota Medan, menunjukkan adanya dampak (pengaruh) yang signifikan pendidikan kewarganegaraan terhadap peningkatan partisipasi pemilih remaja dalam Pemilu. Penelitian mengambil studi kasus pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 ini menunjukkan terdapat hubungan antara variabel Pendidikan Kewarganegaraan dengan tingkat Partisipasi Pemilih Remaja dan memiliki korelasi yang kuat. Terdapat koefisien 0,659 dan termasuk ke dalam korelasi kuat (karena nilainya lebih dari 0,5) maka tanda pada koefisien korelasi adalah positif, artinya semakin baik Pendidikan Kewarganegaraan yang diterima oleh Pemilih Remaja (Pemula) maka tingkat Partisipasinya juga akan semakin tinggi.

Published
2019-03-21
How to Cite
Napitupulu, H., & Sagala, A. (2019). DAMPAK PEROLEHAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH REMAJA DALAM PEMILIHAN UMUM. Journal of Civic Education, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.122

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.