PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH BINAAN

  • Muzzamil Muzzamil Dinas Pendidikan Sumatera Barat
Keywords: Integrasi nilai, Karakter bangsa, Pembelajaran

Abstract

Makalah ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pembinaan pendidikan karakter bangsa di sekolah yang berimplikasi terhadap masih belum kondusifnya budaya sekolah sesuai penanaman nilai-nilai Pendikan Karakter  Bangsa. Masalah yang dibahas adalah “Bagaimanakah upaya pengawas sekolah dalam mengoptimalkan supervisi pendidikan sehingga terintegrasinya nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran dan terciptanya budaya sekolah sebagai tempat belajar yang menyenangkan bagi peserta didik? Tujuannya adalah untuk menjelaskan substansi pendidikan karakter bangsa, indikator keterlaksanaan, materi program, dan bentuk kegiatan supervisi yang dapat dilakukan pengawas sekolah dalam memberikan pembinaan pendidikan karakter bangsa di sekolah binaan. Pembahasan ini diharapkan memberikan pemahaman yang baik terhadap pengawas sekolah dalam meningkatkan kinerja terkait pengimplementasian pendidikan budaya dan karakter bangsa di sekolah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi pelaksanaan supervisi. Pemahaman masalah ini sangatlah penting karena tidak terlepas dari tugas pokok dan komitmen pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik dan manajerial secara intensif dan bersinambungan.

Published
2019-03-21
How to Cite
Muzzamil, M. (2019). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH BINAAN. Journal of Civic Education, 1(1), 29-37. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.124

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.