MENYONTEK SEBAGAI BAGIAN DARI DEKADENSI MORAL BANGSA
Abstract
Menyontek saat sekarang ini sudah menjadi hal yang biasa dikalangan peserta didik, dimulai dari bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku menyontek peserta didik di perguruan tinggi kesehatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jumlah sampel 106 orang mahasiswa sekolah tinggi kesehatan di Kota Padang. Hasil penelitian menunjukan 45,3% responden pernah menyontek. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi pemerintah, karena menyontek sebagai bentuk penuruna moral bangsa atau dekadensi moral bangsa. Sehingga disimpulkan bahwa separuh responden berprilaku kurang baik dalam menyontek.
References
.
Amalia, Nadhiratul. 2016. Hubungan Goal Orientation Dan Motivasi Berprestasi Dengan Intensi Menyontek Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Mulawarman. Ejournal Psikologi, 2016. 4(3): 294-305
Anderman, E. M., & Murdock, T. B., (eds). (2007). Psychology of Academic Cheating. New York: Academic Press Inc.
Anderman, E. M., Cupp, P. K., & Lane, D. (2010). Impulsivity and Academic Cheating. The Journal of Experimental Education. 78, p. 135-150
Angelia, Inge. 2016. Study kualitatif tentang Budaya Menyontek pada Siswa SMP. Laporan Penelitian. Stikes Syedza Saintika Padang.
Bakri, Syamsul. 2009. Agama, Persoalan Sosial dan Krisis Moral. Jurnal Dakwah dan Komunikasi . Vol 3. No. 1.
Błachnio, Agata and Malgorzata Weremko. 2011. Academic Cheating is Contagious: the Influence of the Presence of Others on Honesty. a Study Report. International Journal of Applied Psychology. 2011; 1(1): 14-19
Daradjat, Zakiyah.2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Friyatmi, 2011, Faktor-faktor Penentu Perilaku Mencontek di Kalangan Mahasiswa, Fakultas Ekonomi UNP Vol 7, No 2 (2011)
Hartanto, Dody. 2012. Mengatasi Masalah Menyontek. Yogyakarta: Indeks Jakarta.
James Moten Jr., Alex Fitterer, Elise Brazier, Jonathan Leonard and Avis Brown. 2013. Examining Online College Cyber Cheating Methods and Prevention Measures. Electronic Journal of e-Learning Volume 11 Issue 2 2013
Nurmayasari, Kiki dan Hadjam Murusdi. 2015. Hubungan Antara Berpikir Positif Dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 3, No 1, Juli 2015
Nursalam, 2015. Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan. Jakarta:EGC.
Pujiatni, Kris dan Sri Lestari. 2010. Studi Kualitatif Pengalaman Menyontek Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 11. 2. 2010. Hal-103-110
Purnamasari, D. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik pada mahasiswa. Educational Psychology Journal. 2 (1) 13 – 21.
Samiroh dan Zidni Immawan Muslimin. 2015. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dan Perilaku Menyontek Pada Siswa- Siswi Mas Simbangkulon Buaran Pekalongan. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami Vol. 1 No. 2 (2015) 67-77
Sanjaya, Wina. 2013. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, J.W., 2008, Psikologi Pendidikan, Alih Bahasa Tri Wibowo B.S., Jakarta: Kencana
Warsiyah. 2013. Perilaku Menyontek Mahasiswa Muslim. Tesis. Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo.
Wideman, Maureen A. 2008. Academic Dishonesty in Postsecondary Education: A literature review. Transformative Dialogues: Teaching & Learning Journal. Volume 2, Issue 1. Hal 1-12
Yulianto, Heri. 2015. Persepsi Mahasiswa Tentang Ketidak-jujuran Akademik: Studi Mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia. Seminar Psikologi dan kemanusian.