UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COME’S TO PAPA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS XI.IPA.1 SMAN 1 KEC. LAREH SAGO HALABAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah dengan menggunakan model pembelajaran Come’s to Papa (Cooperation Management and Part to Part) dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam dalam belajar pada kelas XI.IPA.1 SMAN 1 Kec. Lareh Sago Halaban. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XI.IPA.1 SMAN 1 Kec. Lareh Sago Halaban yang diambil secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Come’s to Papa (Cooperation Management and Part to Part) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar PKn di kelas XI.IPA.1 SMAN 1 Kec. Lareh Sago Halaban. Hal ini terbukti dengan menggunakan model pembelajaran Come’s to Papa (Cooperation Management and Part to Part) ini siswa sangat aktif dalam bertanya, mendengarkan diskusi, memberi tanggapan dan membuat laporan hasil kegiatan belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas belajar dari 64.55% disiklus I sampai 93.75% disikus ke II. Penggunaan model pembelajaran Come’s to Papa (Cooperation Management and Part to Part) dapat memupuk keberanian siswa mengemukakan pendapat dan menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat temannya sehingga dapat meningkatkan kekompakan dalam kelompok tersebut. Dengan demikian berarti penggunaan model pembelajaran Come’s to Papa (Cooperation Management and Part to Part) tersebut sangat berhasil di terapkan pada pembelajaran PKn dan mampu memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas XI.IPA.1 SMAN 1 Kec. Lareh Sago Halaban.