PERAN GURU PPKn SELAKU BUNDO KANDUANG DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH

  • Nur Azimmi SMAN 1 Bonjol
Keywords: Guru PPKn, Bundo Kanduang, Karakter

Abstract

Guru memiliki peran dalam membina karakter siswa disekolah. Sikap dan tingkahlaku siswa yang kurang baik menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memperbaikinya. Sesuai dengan peran dan fungsi kita masing-masing. Guru PPKn memiliki tanggung jawab untuk  penilaian sikap sosial emosional pada kurikulum  2013 yaitu KI-2. Selaku Guru PPKn disekolah kita juga berperan banyak dalam membina karakter siswa. Selanjutnya menjadi bundo Kanduang di rumah dan masyarakat. Perempuan di Minangkabau disebut dengan istilah Bundo Kanduang menjadikan kita perempuan orang sangat terhormat kedudukannya. Faktanya dilapangan sangat terbalik. Disekolah kita menemukan siswa yang kurang berkarakter seperti berkata kotor, tidak disiplin dan lain sebagainya. Budaya yang kurang baik ini menjadi hal yang mengkwatirkan kita guru. Maka marilah kita berperan dalam membina krakter siswa di sekolah masing-masing. Serta dirumah menjadi ibu yang baik dalam mendidik anak-anak.  Pendidikan yang salah satunya melalui keteladanan. Berikanlah keteladanan bagi siswa disekolah seperti taat hokum dan aturan. Untuk anak-anak kandung kita dirumah berilah keteladanan dalam ibadah.

Published
2019-03-21
How to Cite
Azimmi, N. (2019). PERAN GURU PPKn SELAKU BUNDO KANDUANG DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Journal of Civic Education, 1(1), 52-58. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.128

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.