PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT BERJIWA NASIONAL

  • Resfira Resfira SMAN 1 Batang Anai
Keywords: PKn, Masyarakat, Jiwa Nasional

Abstract

Saat ini bangsa Indonesia dihadapkan pada suatu masa dimana bangsa ini mengalami perkembangan dan perubahan yang sangat pesat. Perkembangan ini dikhawatirkan akan melunturkan nilai-nilai Pancasila dalam diri setiap warga Negara Indonsia. Oleh karena itu, mata pelajaran PKn sangat diperlukan. Dengan memunculkan kembali nilai-nilai utama dalam PKn diharapkan dapat membangun jiwa nasionalisme yang dilandasi oleh nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan sosial, kompetisi, menghormati orang lain, kemerdekaan dan perdamaian. Nilai-nilai dasar ini penting untuk dikembangkan dalam rangka mengembangkan semangat dan jiwa nasionalime agar dapat berperan secara efektif dalam kancah global tanpa meninggalkan jati diri sebagai bangsa Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Published
2019-03-21
How to Cite
Resfira, R. (2019). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN MASYARAKAT BERJIWA NASIONAL. Journal of Civic Education, 1(1), 15-20. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.129

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.