Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran

  • Irwan Irwan Universitas Negeri Padang
Keywords: Kahoot!, Media Pembelajaran, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan platform Kahoot! sebagai media dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kahoot! merupakan web tool daring berbasis pendidikan yang dapat digunakan sebagai media asesmen mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran (mixed method) antara kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif digunakan dalam menelaah pemanfaatan Kahoot! sebagai media pembelajaran perkuliahan. Sementara untuk mengukur efektivitas Kahoot! sebagai media pembelajaran maka digunakan metode kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu  mahasiswa MKWU Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Padang sebanyak dua kelas pada semester Januari-Juni 2018. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawabcara informan, tes penguasaan materi sebelum dan sesudah penggunaan Kahoot!, serta penyebaran kuesioner terhadap responden. Melalui penelitian ini akan dideskripsikan tata cara pemanfaatan kahoot! sebagai media pembelajaran bagi dosen terhadap mahasiswa sehingga dapat diukur nilai manfaat Kahoot! tersebut. Penelitian ini juga menghasilkan kesimpulan apakah Kahoot! efektif dalam sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar dan mengajar. Luaran penelitian ini diharapkan dapat menjadi draft artikel yang akan disubmit melalui jurnal lokal.

Published
2019-02-12
How to Cite
Irwan, I. (2019). Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 126-140. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.130

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.