UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS VIII SMP BAITURRAHMAH PADANG

  • Sri Deli SMP Baiturrahmah Padang
Keywords: Minat belajar, Model pembelajaran, NHT

Abstract

Minat belajar sangat penting dalam proses pembelajaran, tanpa adanya minat belajar siswa tidak memiliki keinginan dan  ketertarikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Karena  proses pembelajaran terjadi hanya satu arah.Tidak semua orang belajar memiliki minat belajar yang tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran dan kurang. Sehingga dalam pembelajaran peran guru harus lebih dimaksimalkan agar siswa tertarik dalam proses pembelajaran kreatifnya guru. Kondisi seperti ini juga terjadi ditempat kami bertugas. Dimana dalam proses pembelajaran guru hanya melakukan pembelakaran secara konvensional saja. Seringkali dalam pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Hal ini yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar. Penulis mencoba mencari solusi melalui Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). NHT merupakan salah satu model yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dimana siswa diharapkan dapat berinteraksi dalam memecahkan masalah secara bersama-sama dalam sebuah kelompok kecil.Sehingga siswa kelas VIII tidak lagi bosan pada mata pelajaran PKn.

Published
2019-03-21
How to Cite
Deli, S. (2019). UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS VIII SMP BAITURRAHMAH PADANG. Journal of Civic Education, 1(1), 59-80. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.132

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.