UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII.3 SMP N 42 PADANG DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI CARA MENCATAT DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING)
Abstract
Salah satu bagian dari proses pembelajaran yang cukup penting bagi kemajuan belajar adalah membuat catatan, yaitu catatan yang dapat dibaca dan dimengerti bagi si pembaca catatan (Vos, dalam Anwar 2000:165). Penelitian ini menitikberatkan pada adanya proses perbaikan dan perubahan secara terus menerus yang dilaksanakan secara bersiklus. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Menurut pengamatan penulis ada hubungan antara kualitas catatan dengan kemampuan peserta didik. Peserta didik yang berhasil 5 besar di kelas mempunyai catatan yang lengkap, bagus dan rapi. Kualitas catatan yang baik merupakan jembatan untuk meraih keberhasilan. Dengan adanya catatan siswa yang bagus dan rapi akan dapat memotivasi peserta didik belajar lebih baik.