UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII.3 SMP N 42 PADANG DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI CARA MENCATAT DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING)

  • Harlina Eka Suyandi SMPN 42 Padang
Keywords: Belajar, Mind mapping, Hasil belajar

Abstract

Salah satu bagian dari proses pembelajaran yang cukup penting bagi kemajuan belajar adalah membuat catatan, yaitu catatan yang dapat dibaca dan dimengerti  bagi si pembaca catatan (Vos, dalam Anwar 2000:165). Penelitian ini menitikberatkan pada adanya proses perbaikan dan perubahan secara terus menerus yang dilaksanakan secara bersiklus. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Menurut pengamatan penulis ada hubungan antara kualitas catatan dengan kemampuan peserta didik. Peserta didik  yang berhasil 5 besar di kelas mempunyai catatan yang lengkap, bagus dan rapi. Kualitas catatan yang baik merupakan jembatan untuk meraih keberhasilan. Dengan adanya catatan siswa yang bagus dan rapi akan dapat memotivasi peserta didik  belajar lebih baik.

Published
2019-03-21
How to Cite
Suyandi, H. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VII.3 SMP N 42 PADANG DALAM PEMBELAJARAN PKN MELALUI CARA MENCATAT DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING). Journal of Civic Education, 1(1), 81-95. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.133

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.