Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran PPKn untuk siswa SMPN 32 Padang

  • Fahmi Kafillah Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
Keywords: Lembaran Kerja Peserta Didik, Inkuiri, SMPN 32 Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lemberan Kerja Perserta Didik (LKPD) berbasis Inkuri Terbimbing Pada Mata Pelajaran PPKn untuk Siswa SMP Negeri 32 Padang. LKPD ini di lengkapi dengan komponen model pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbng serta di tambah dengan kata-kata motivasi sehingga meningkatkan minat belajar siswa. Dalam Penelitian ini peneliti juga melakukan uji validitas dan uji praktikalitas agar menemukan kevalitan dalam aspek kelayakan isi, keabsahan, penyajian dan kegrafikan pada penggunaan LKPD. LKPD ini di lakukan uji Praktisan dalam segi aspek kemudahan pengguna, efesiensi dan manfaat dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Developmen and Reserch (R&D) yakni penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji angket yang di sebarkan kepada tim validitas dan siswa dalam menentukan praktikalitas. Penelitian dilaksanakan di Lubuk Minturun, kawasan Sungai Lareh Kota Padang bertempat di SMP 32 Negeri Padang. Informan penelitian ini yakni guru PPKN SMP Negeri 32 Padang, serta siswa-siswi kelas VII SMP Negri 32 Padang. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan angket validitas dan praktikalitas, serta menggunakan model ADDIE (Analisis, Designt, Developmen, Implementation and Evolusion) akan tetapi dari kelima tahapan ini peneliti hanya menngunakan 3 tahapan saja yakni (Analisis, Design and Devolopmen). Hasil Penelitian menunjukan bahwa telah di hasilkan Lembaran Kerja Perserta didik Berbasis inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran PPKN Untuk siswa SMP N 32 Padang yang valid dengan nilai 92,50% dan praktis 81,21%. Maka dapat di simpulkan validitas dan praktikalitas LKPD dapat di gunkan oleh guru dan siswa.

References

Ananda, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Pendidikan Karakter. Padang: UNP
Ananda, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Padang: UNP.
Arimbi, D. (2015). Pengembangan Lembaran Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Protista Untuk Siswa SMAN 1 Batang Anai. Skripsi. Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang.
Devi. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: PPPPTK IPA.
Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.
Lufri. (2007). Strategi Pembelajran Biologi. Padang: UNP Press
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Jakarta: Diah Rakyat.
Pribadi, B. (2011). Model desain system pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Ria, I. (2017). Pengembangan Lembaran Kerja Perserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA Pada Materi Pokok ProtistaBerbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains.
Rusman, (2012). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Siregar, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kecana.
Published
2019-09-02
How to Cite
Kafillah, F., & Ananda, A. (2019). Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran PPKn untuk siswa SMPN 32 Padang. Journal of Civic Education, 2(3), 276-282. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.147