Faktor - Faktor Penyebab Tingginya Partisipasi Politik Mahasiswa pada Pemilu Badan eksekutif Mahasiswa Periode 2018-2019

Studi Pada Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

  • Vika Trisna Universitas Negeri Padang
  • Fatmariza Fatmariza Universitas Negeri Padang
Keywords: Partisipasi Politik, Mahasiswa, Pemilu

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab tingginya tingkat partisipasi politik mahasiswa pada pemilu Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang periode 2018-2019 serta mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh panitia pemilihan umum dan tim sukses dalam mengajak mahasiswa menggunakan hak suara pada pemilu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods yang dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dimana pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab tingginya partisipasi politik mahasiswa sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan strategi panitia pemilihan umum dalam mengajak mahasiswa menggunakan hak suara pada pemilu tersebut.  Subyek penelitian adalah panitia pemilihan umum, tim sukses dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial yang menggunakan hak pilih pada pemilu tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor penyebab tingginya partisipasi politik mahasiswa pada pemilu tersebut ialah disebabkan oleh faktor internal yang terdiri dari kesadaran dan kepercayaan politik serta faktor eksternal yang terdiri dari peluang resmi, sumber daya sosial, sosialisasi, kinerja tim sukses dan popularitas calon aktor. Adapun strategi sosialisasi yang dilakukan panitia pemilihan umum ialah penguatan kelembagaan, strategi tatap muka, strategi melalui media sosial, dan pemberian dispensasi. Sedangkan strategi tim sukses ialah faktor keterpercayaan, faktor keahlian, daya tarik dan media massa.

Published
2019-06-28
How to Cite
Trisna, V., & Fatmariza, F. (2019). Faktor - Faktor Penyebab Tingginya Partisipasi Politik Mahasiswa pada Pemilu Badan eksekutif Mahasiswa Periode 2018-2019. Journal of Civic Education, 2(2), 197 - 205. https://doi.org/10.24036/jce.v2i3.150

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>