Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran PPKn Studi pada Kelas VII di SMP N 4 Kota Solok
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berrtujuan untuk melihat minat baca siswa kelas VII dalam pembelajaran PPKn serta mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Dalam hal ini minat baca merupakan salah satu aspek yang dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sehingga dapat menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuanrtitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan bagaimana minat baca siswa kelas VII dalam pembelajaran PPKn. Sampel dipilih dengan menggunakan rumus Solvin yakni sebanyak 60 siswa kelas VII. Tekhnik ini digunakan agar pengambilan sampel atau elemen secara acak dimana setiap elemen atau anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya minat baca siswa kelas VII di SMP N 4 Kota Solok pada kategori cukup dengan persentase 65,1%. Upaya guru dalam meningkatkan minat baca terlihat dengan memberikan motivasi serta pemberian tugas yaang dapat menunjang minat baca siswa dalam pembelajaran PPKn.