Strategi Penyelesaian Konflik Irigasi di Kabupaten Tanah Datar (Studi Masyarakat Petani Nagari Pangian)

  • Sri Rahayu Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang
Keywords: tanah datar, konflik irigasi, strategi konflik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapan strategi penyelesain konflik antara masyarakat petani dengan perusahaan pelaksana proyek Daerah Irigasi Batang Sinamar yaitu perusahaan PT. Waskita Karya Basuki Brahmanta Putra Join Operation terkait dampak pembangunan proyek Daerah Irigasi Batang Sinamar di Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari, masyarakat, pihak perusahaan, koordinator masyarakat, wali jorong Koto Gadang, wali nagari Pangian, camat Lintau Buo, WALHI Sumatera Barat, ketua PBHI Sumatera Barat, pemuda Pangian, tokoh masyarakat, Kerapatan Adat Nagari Pangian, dan perwakilan suku Nagari Pangian. Data terdiri data primer dan data sekunder. Data primer terkait dengan strategi penyelesain konflik dan data sekunder terkait dengan dokumen-dokumen pendukung yang berkaitan dengan objek kajian, selanjutnya dianalis secara kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam penyelesain konflik ini strategi yang digunakan adalah Non-Litigasi, dimana kedua pihak berkompromi untuk menyelesaikankan konflik ini sehingga ditemukan sebuah kesepakatan untuk dapat memenuhi setiap kebutuhan dan kepentingan kedua belah pihak yang berkonflik.

 

Published
2019-06-26
How to Cite
Rahayu, S., Dewi, S., & Muchtar, H. (2019). Strategi Penyelesaian Konflik Irigasi di Kabupaten Tanah Datar (Studi Masyarakat Petani Nagari Pangian). Journal of Civic Education, 2(2), 141 - 148. https://doi.org/10.24036/jce.v2i3.159

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.