Implementasi Program Kampung BANTAR (Bersih, Aman dan Pintar) di Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi

  • Oktaviani Oktaviani Universitas Negeri Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang
Keywords: implementasi, program, kampung bantar

Abstract

Program Kampung bersih, aman dan pintar merupakan Program Pemerintah Kota Jambi yang bertujuan untuk menjadikan perkampungan terkecil lingkup RT (rukun tetangga) memiliki wawasan lingkungan yang bersih dan sehat, antar kampung di wilayah Kelurahan dan Kecamatan dalam Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program kampung bantar di Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder dengan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model implementasi program kampung bantar di Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi dilakukan melalui komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi sesuai dengan model Edward, Implementasi program ini sudah berjalan dengan baik, namun masih adanya hambatan dikarenakan rendahnya partisipasi masyarakat terhadap program ini meskipun telah disosialisasikan, serta mengikuti kampung bantar hanya saat penilaian saja dan selebihnya kategori kampung yang bersih, aman dan pintar itu tidak ada lagi. Kendala dalam implementasi terdiri atas sumber daya (partisipasi masyarakat dan dana dan dukungan (kerjasama). Serta upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dilakukan dengan sosialisasi penyadaran pentingnya hidup sehat dan pemberian penghargaan.

References

Erwan, dan Sulistyastuti, Dyah Ratih (2015). Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Haris, Herdiansyah. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Kurniawa, Aditya Bagus Upaya Pemerintah Des Dalam Mendorong Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Mandu Dalam Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. (2015). Jurnal Administrasi Negara, Volume 3, Nomor 5, Tahun.
Mardikanto, Totok dan Soebianto, (2015). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Bandung: Alfabeta.
Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Public Dan Pelayanan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta..
NC, Herbasuki. (2016). Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Dikota Semarang. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Politik. Vol 2 (1),
Peraturan Walikota Jambi Nomor 47 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kampung Bantar.
Deni. (2014). Implementasi program pengembangan budidaya kakao di kabupaten pasaman. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Zakaria, R. O. (2014). Implementasi Program Sidoarjo Bersih dan Hijau yang Tertuang dalam Surat Keputusan Bupati No 188 tentang Tim Sidoarjo Bersih dan Hijau (Studi pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 666-672.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
Widiyanti Imas. (2018). Implementasi Program Kotaku Dalam Menyelesaikan Persoalan Lingkungan Kumuh Di Kricak Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
https://jambikota.go.id/new/kampungbantar/ (Akses tanggal 2 oktober 2018, Website resmi kota jambi)
http://kampungbantarkotajambi.blogspot.co.id (Website resmi kampung bantar)
www.jambi.independent.co.id , Tanggal 14 mei 2018 (percepat pembangunan melalui program bangkit berdaya dan kampung bantar.
metrojambi.com/read/2018/05/18/32078/percepat-pembangunan-melalui-program-bangkit-berdaya-dan-kampung-bantar Tanggal 14 mei 2018
wartanews.co/dlh-kota-jambimengapresiasi-pembentukan-kampung-kampung-berwawasan lingkungan/ Tanggal 14 mei 2018
Published
2019-09-02
How to Cite
Oktaviani, O., & Muchtar, H. (2019). Implementasi Program Kampung BANTAR (Bersih, Aman dan Pintar) di Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi. Journal of Civic Education, 2(3), 260-269. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.160

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>