Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Komunikasi Verbal Di Sekolah Dasar
Abstract
Artikel ini membahas secara mendalam tentang bagaimana penanaman nilai-nilai karakter melalui komunikasi verbal pada sekolah dasar pesisir pantai Kota Padang. Penanaman nilai-nilai karakter pada sekolah dasar pesisir pantai masih belum sesuai dengan karakteristik pendidikan karakter. Fenomena kekerasan verbal terhadap peserta didik masih saja terjadi di berbagai sekolah dasar. Secara spesifik artikel ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk kekerasan verbal dalam penanaman nilai-nilai karakter, serta untuk mengindentifikasi faktor-faktor penghambat penanaman nilai-nilai karakter melalui komunikasi verbal. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN 19 Air Tawar Barat Kota Padang, dengan informan kepala sekolah, guru, peserta didik, operator, pedagang dan orang tua peserta didik. Data dikumpul melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan masih sering terjadi kekerasan verbal yang dilakukan oleh personil sekolah terhadap peserta didik dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter yakni kemampuan guru untuk menjadikan diri sendiri sebagai teladan dalam penanaman nilai masih relatif kurang karena masih banyak guru menggunakan kata-kata yang kasar, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, latar belakang sosial dan ekonomi orang tua yang kurang mendukung, orang tua fokus dengan pekerjaan dan kurang memperhatikan peserta didik, serta Lingkungan masyarakat yang khususnya berada di lingkungan pesisir pantai kurang memberikan pengaruh yang baik terhadap pembentukan karakter peserta didik.
References
Eriyanti, R. W. (2018). Power Gap as One of the Trigger of Verbal Abuses Committed by Teachers in Schools. International Journal of Instruction, 11(1), 363-378.
Fry, D., Fang, X., Elliott, S., Casey, T., Zheng, X., Li, J., ... & McCluskey, G. (2018). The relationships between violence in childhood and educational outcomes: a global systematic review and meta-analysis. Child Abuse & Neglect, 75, 6-28.
Indrawadi, J. Pendidikan dan Kompetensi Guru dalam Pembangunan Peradaban Bangsa (Analisis Penanaman Nilai-nilai Karakter oleh Guru Pada Sekolah Dasar Pesisir Pantai Kota Padang). KONASPI VIII 2016.
Indrawadi, J., Moeis, I., Montessori, M., & Fatmariza, F. (2018, November). Verbal Violence in Character Education High-Risk Students at Coastal Elementary Schools. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). Atlantis Press.
K. a. Moran, “Verbal Word Choice of Effective Reading Teachers.,” Acad. Leadersh. J. Student Res., vol. 1, 2013.
Lickona, Thomas. 1992. Educating Character, How Our School Can Teach Respect and Responsibilty, Bantam Book. USA
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nisa, H. (2016). Komunikasi yang Efektif dalam Pendidikan Karakter. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(1)
Purwanto, D. 2006. Komunikasi Bisnis (Edisi ketiga). Jakarta: Erlangga.
Wahyuni, Uri. 2015. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015”. FKIP-Universitas PGRI Yogyakarta