Partisipasi Mahasiswa Dalam Berorganisasi Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

  • Rizka Morina Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
Keywords: Partisipasi, Organisasi, Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya partisipasi mahasiswa dalam mengikuti organisasi di tingkat fakultas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk partisipasi, respon keterlibatan mahasiswa serta upaya meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam berorganisasi di Fakultas Ilmu Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif  dengan informan penelitan terdiri dari Wakil Dekan III FIS UNP, Pembina organisasi mahasiswa, ketua BPM, Gubernur BEM, Ketua HMJ ISP, ketua HMJ Sosiologi, Ketua HMJ IAN, Ketua HMJ Sejarah, Ketua HMJ Geografi, Ketua HMJ Pendikais, dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan teori partisipasi dari segi bentuk ditemukan bahwa terdampak tiga bentuk partisipasi yaitu tenaga, pikiran dan materi, sedangkan respon keterlibatan mahasiswa dalam berorganisasi di Fakultas Ilmu Sosial adalah adanya kompetensi dalam diri mahasiswa, menambah pengalaman dalam organisasi, eksistensi diri, mengisi waktu luang dan memperluas jejaring pergaulan, serta adanya upaya dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam berorganisai di Fakultas Ilmu Sosial. Partisipasi mahasiswa dalam berorganisasi belum optimal sehingga diharapkan adanya pembaharuan dalam organisasi dan harus saling berkerjasama antar organisasi mahasiswa.

References

Ahmadi, Rulam 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Desmawangga, C. (2013). Studi Tentang Partisipasi Mahasiswa Program Studi Administrasi Negara Dalam Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. E-Journal: llmu Administrasi, 1(2), 683-697.
Masrukhi, (2016), Strategi Pengembangan Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Didaktika Islamika. 7(1): 1-16
Salam, M. R. (2010). Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Permukiman Dikawasan Pusat Kota Palu. JURNAL ARSITEKTUR, 2(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hamdi, I., Supraja, M., & Zubaidi, A. (2016). Dinamika Aktualisasi Diri Pemuda Rantau Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi (Studi Pada Mahasiswa Rantau Asal Sumatera Barat Di Asrama Putri Bundo Kanduang Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 22(3), 306-320.
Published
2018-11-30
How to Cite
Morina, R., & Dewi, S. (2018). Partisipasi Mahasiswa Dalam Berorganisasi Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education, 1(2), 168 - 173. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.184
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)