Peran Dan Fungsi Wali Kelas Dalam Pembinaan Perilaku Siswa Di Smp Negeri 33 Padang

  • Elvira Petriani Universitas Negeri Padang
  • Azwar Ananda Universitas Negeri Padang
Keywords: wali kelas, pembinaan perilaku, siswa

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan fungsi wali kelas dalam pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Negeri 33 Padang, wakil kepala sekolah sekolah bidang kesiswaan, dan wali kelas SMP Negeri 33 Padang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini pelaksanaan peran wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang adalah pembinaan perilaku siswa melalui mengumpulan data, fakta dan informan tentang siswa, Pemanggilan orang tua siswa/wali peserta didik dan Menggelola kelas sedangkan pelaksanaan fungsi wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang adalah wali kelas  memberikan pembinaan perilaku siswa melalui motivasi kepada siswa, menyelanggarakan administrasi kelas, dan  pembagian rapor setiap semester. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh wali kelas dalam melakukan pembinaan perilaku siswa di SMP Negeri 33 Padang. kendala tersebut berasal dari dua pihak yaitu pihak siswa dan pihak wali kelas. Adapun kendala dari pihak siswa ialah perilaku siswa yang tidak memberikan surat panggilan orang tua kepada orang tuanya sehingga orang tua tersebut tidak memenuhi panggilan dari pihak sekolah dalam rangka mendiskusikan perilaku anaknya. Kendala lain yakni kurangnya kepercayaan orang tua terhadap laporan dari sekolah mengenai perilaku anaknya karena bagi orangtua tersebut perilaku anaknya tidak pernah bermasalah. Sedangkan kendala dari pihak wali kelas ialah banyaknya jam pembelajaran bagi wali kelas, wali kelas hanya sibuk dengan kehadiran dan nilai siswanya tanpa melakukan menelusuri penyebabnya secara mendalam. Upaya wali kelas dalam melakukan pembinaan pada siswanya di SMP Negeri 33 Padang yakitu melakukan pembinaan perilaku siswa melalui pendekatan terhadap siswa serta mengkomunikasikan perilaku siswa dengan orang tuanya.

References

Ashram, H. Peran Wali kelas dalam membentuk perilaku siswa di Sdn 7 Bungtiang tahun 2013.
Eswendi.2015.Bahan Ajar Metode Penelitian.Padang : UNP Press.
Fitri Mahdalena. Peran Wali Kelas Dalam Pengelolaan Kelas Di Smp Negeri 14 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Mega Iswari, membina perkembangan emosi remaja meningkatkan profesional guru. Julnal ilmiah ilmu pedidikan volume IX No.1 April 2009.
Soetjipto,raflis kosasi. 2011. Profesi keguruan. Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Sugiyono.2011. Metode penelitian kuantitaf kualitaif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2012. Metode penelitian kuantitaf kualitaif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syamsudduha, St. Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Sekolah Pada SDIT AL-FITYAN Kabupaten GOWO. Jurnal Al-Kalam, Vol IX, No 2 Desember 2017
Suryani, Eli. 2018. Peran Wali Kelas Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Di Min Glugur Darat II Kecematan Medan Timur Tahun Ajaran 2017/20s18. Universitas Islam Negeri. Medan
Zahara mustika. Pentignya peran wali kelas dalam pembelajaran dalam pembelajaran. Jurnal volume 3, no.1, januari-juni 2015
Syamsudduha, St. Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Sekolah Pada SDIT AL-FITYAN Kabupaten GOWO. Jurnal Al-Kalam, Vol IX, No 2 Desember 2017
Suryani, Eli. 2018. Peran Wali Kelas Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Di Min Glugur Darat II Kecematan Medan Timur Tahun Ajaran 2017/20s18. Universitas Islam Negeri. Medan.
Published
2018-12-28
How to Cite
Petriani, E., & Ananda, A. (2018). Peran Dan Fungsi Wali Kelas Dalam Pembinaan Perilaku Siswa Di Smp Negeri 33 Padang. Journal of Civic Education, 1(3), 289-296. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.197