Lingkungan Dan Kebiasaan Orangtua Sangat Berpengaruh Terhadap Perilaku Dan Sikap Moral Anak (Studi Di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat Rt 01

  • Marina Aulia Dasopang Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: perilaku, pengaruh lingkungan, kebiasaan orang tua

Abstract

Pada hakekatnya lingkungan sangat berpengaruh bagi perkembangan sikap dan perilaku anak, bila anak berada dalam lingkungan yang baik maka akan memberikan pengaruh yang baik bagi perkembangan karakter anak, dan begitu juga sebaliknya lingkungan yang tidak baik juga dapat memberikan pengaruh yang tidak baik bagi perkembangan sikap dan perilaku anak, manusia tidak bisa melepaskan diri secara mutlak dari pengaruh lingkungan karena lingkungan senantiasa tersedia di sekitarnya. Tujuan Penelitian yaitu Menggambarkan pengaruh lingkungan dan kebiasaan orangtua terhadap perilaku dan sikap moral anak di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat. Metode  digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dan metode deskriptif yang bertujuan untuk melakukan penelusuran dan memperoleh deskripsi terhadap fenomena yang diteliti. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berusaha melakukan penelusuran dan memperoleh deskripsi tentang “Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat”. Hasil kajian menunjukkan terdapat pengaruh lingkungan terhadap sikap moral anak di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat.

 

References

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Amsyari, F. (1986). Prinsip-prinsip Masalah Pencemaran Lingkungan. Jakarta: PT Ghalia Indonesia
Dalyono. M. (2009). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Hertati, D. (2009). Hubungan Lingkungan Sosial dengan Efektivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan. 02 (7)
Hurlock, E (2004). Psikologi Perkembangan. Bandung: Penerbit BIB LIOGRAFI
Purwanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Susilo, R. (2014). Sosiologi Lingkungan, Jakarta: Grafindo
Undang-undang No.3 Tahun 1997 tentang Peradilan Anak Pasal 1 Ayat 2.
Undang-undang RI No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 1 Angka 1.
Aroma, I. S., & Suminar, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2), 1-6.
Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4).
Kusumawati, T. I. (2018). Peranan Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Nizhamiyah, 8(2).
Lickona, T. (2009). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Lukman, W. (2012). Sosialisasi di Panti Asuhan dalam Membentuk Tingkah Laku Anak Kasus di Panti Asuhan Abadi Aisyiyah Kecamatan Soreang, Kota Pare-Pare. Makassar, Skripsi, Fakultas Sosiologi Universitas Hasanuddin.
Maibang, S. W. (2017). Peran panti asuhan puteri ‘aisyiyah dalam mengembangkan kreativitas anak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Multaza, M., Mukmin, Z., & Ali, H. (2016). Peran Panti Sosial Asuhan Anak Darussa’adah Aceh Dalam Usaha Pembinaan Moral Anak-Anak Terlantar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).
Patmalasari, D., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30-38.
Prayitno, A dan Khaidir, A. (2011). Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang : UNP Pres.
Qomariah, S. N. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Menjahit pada Siswa SMPN 2 Mojogedeng Kabupaten Karanganyar. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 1(1).
Reksiana. (2018). Kerancuan Istilah Karakter, Akhlak, dan Etika. Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam. 19 (1).
Saptono, M. P. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter, wawasan, strategi, dan langkah praktis. Salatiga: Esensi Erlangga Group.
Shabir, M. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221-232.
Subehi, Sofyan Ari. (2010). Pendidikan Karakter Anak Jalanan Melalui Comprehensive Project di Rumah Singgah Teduh Bekarya. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahono, W. (2014). Kualitas pembelajaran siswa SMK ditinjau dari fasilitas belajar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).
Published
2018-11-30
How to Cite
Dasopang, M., & Montessori, M. (2018). Lingkungan Dan Kebiasaan Orangtua Sangat Berpengaruh Terhadap Perilaku Dan Sikap Moral Anak (Studi Di Kelurahan Flamboyan Baru Kecamatan Padang Barat Rt 01. Journal of Civic Education, 1(2), 98-107. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.198

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.