Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Kuliah pada Prodi PPKn FIS Universitas Negeri Padang

  • Pandra Oktum Zalmi Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: mahasiswa, PPKn, kuliah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat Mahasiswa dalam memilih Kuliah pada Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Mahasiswa memilih kuliah pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jenis Penelitian yang digunakan ialah Mixed Methods model Sequential Ekplanatory (Urutan Pembuktian). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; Minat mempengaruhi Mahasiswa dalam memilih kuliah pada Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan, orang-orang terdekat seperti orang tua mempengaruhi Mahasiswa memilih kuliah pada Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran serta Pekerjaan yang diharapkan seperti Guru dan Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran mempengaruhi Mahasiswa dalam memilih kuliah pada Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kesimpulannya bahwa dari Mahasiswa yang ada memiliki minat yang tinggi untuk memilih kuliah di Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selanjutnya Mahasiswa dalam memilih Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dipengaruhi oleh faktor orang tua kemudian Pekerjaan yang diharapkan oleh Mahasiswa setelah lulus dari Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ialah Tenaga pendidik seperti Guru dan Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 

References

jaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Irham. (2011). Manajemen Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta.
Irmawati, Basilia Ria (2008). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Sanata Dharma.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metode). Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2013). Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
2018-11-30
How to Cite
Zalmi, P., & Indrawadi, J. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Kuliah pada Prodi PPKn FIS Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education, 1(2), 133-140. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.199
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>