Strategi Mahasiswa Bidikmisi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

  • Pika Indra Wati UNP
  • Rita Angraini Universitas Negeri Padang
Keywords: mahasiswa bidikmisi, strategi belajar, prestasi belajar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi mahasiswa Bidikmisi dalam meningkatkan prestasi belajar angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Metodologi yang digunakan kuantitatif deskriptif. Jumlah populasi 218 mahasiswa, sampel 141 orang. Data penelitian ini bersumber dari pengumpulan dokumentasi lembar hasil siswa (LHS) dengan melihat indek prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Data kuantitatif dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 141 responden. Pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar mahasiswa Bidikmisi dalam meningkatkan prestasi belajar tergolong tinggi. Hal ini dilihat pada 3 faktor yaitu prestasi belajar, strategi belajar dan kendala belajar. Faktor prestasi belajar mahasiswa Bidikmisi termasuk dalam kategori Tinggi yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, faktor strategi belajar termasuk kategori Tinggi yang dipengaruhi oleh komitmen belajar dan teknik belajar, dan faktor Kendala belajar termasuk kategori sedang yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.

References

Abu, dan Suprianto. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta
Darmansah, dkk. (2017). Strategi Pembelajaran. Bukitinggi. Erka Rumah Kayu Pustaka Utama.
Djaali. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta. Bumi aksara
Herman, N dkk. (2005). Belajar dan pembelajaran. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Bahan Ajar.
Iskandar. (2008). Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Jambi. GP Press
Ningsih, W. R., Gimin, G., & Supentri, S. (2016). Pengaruh Pemberian Beasiswa terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PPKnFKIP Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(1), 1-13.
Septianti, D. (2018). Pengaruh Pemberian Beasiswa Bidik Misi Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi Di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Global Masa Kini, 8(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Takriyuddin, H., Mukmin, Z., & Yunus, M. (2016). Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).
Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi belajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Yusuf, A Muri. (2005). Metode penelitian. Padang. Angkasa Raya
Published
2018-11-30
How to Cite
Wati, P., & Angraini, R. (2018). Strategi Mahasiswa Bidikmisi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Journal of Civic Education, 1(2), 197-203. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.206