Nilai-Nilai Moral dan Sosial dalam Penyelenggaraan Kenduri Sudah Tuai di Desa Kumun Mudik Kota Sungai Penuh

  • Deno Arifianto unp
  • Nurman Nurman Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
Keywords: kenduri, peran, pemangku adat

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenduri Sudah Tuai  sudah jarang dilakukan, dimana kenduri Sudah Tuai tidak lagi dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Terkadang kenduri dilakukan 2 atau 21/2 tahun sekali. Tujuan penelitian ini Untuk mengetaahui Nilai Moral dan sosial dalam penyelenggaraan Kenduri Sudah Tuai Pada Masyarakat Desa Kumun Mudik, mengidentifikasi peran pemangku adat dalam penyelenggaraan Kenduri Sudah Tuai. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif dengan metode Deskriptif. Penetapan informan dilakukan dengan purposive sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan sekunder, dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan tringulasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan  mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upacara Kenduri Sudah Tuai yang di laksanakan oleh masyarakat Desa kumun dari dulu sampai sekarang ini bertujuan untuk bersyukur kepada alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada masyarakat, baik nikmat umur, dan rezeki. Peran pemangku adat sangat penting dalam acara Kenduri Tuai yang telah senantiasa mengajak anak laki-laki dan perempuan ikut serta berpartisipasi diacara  kenduri tersebut. masyarakat kumun mudik sampai saat ini masih mempertahankan tradisi Kenduri Sudah Tuai, di dalam tradisi tersebut terkandung nilai sejarah masa lalu, nilai kebersamaan dan memupuk sikap hormat-menghormati antar warga. Kenduri Sudah Tuai Masyarakat dalam wilayah Depati IV (empat) Batu Gong Tanah Kurnia dapat dilaksanakan setiap tahunnya sebagai kearifan lokal.  Selanjut nya tradisi kenduri tuai tetap terjaga dan di wariskan kepada generasi muda.

References

Ahmadi. (2009). Ilmu Sosial Dasar;
jakarta: Rineka Cipta.
Amiruddin. (2013). Istilah Kata – kata Adat. Kumun.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan sosial (kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta : Gaung Persada Press.
Lexy J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfa Beta.
Published
2018-12-28
How to Cite
Arifianto, D., Nurman, N., & Dewi, S. (2018). Nilai-Nilai Moral dan Sosial dalam Penyelenggaraan Kenduri Sudah Tuai di Desa Kumun Mudik Kota Sungai Penuh. Journal of Civic Education, 1(3), 272-279. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.213
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>