Akulturasi Budaya Pada Perkawinan Etnis Mandailing dan Minangkabau Di Nagari Sontang

  • Lisa Suhaimar Universitas Negeri Padang
  • Susi Fitria Dewi Universitas Negeri Padang
Keywords: akulturasi budaya, Masyarakat Mandailing, Masyarakat Minangkabau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai proses akulturasi budaya pada perkawinan Etnis Mandailing dan Minangkabau di Nagari Sontang Cubadak. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat, observasi dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi yang terjadi antara masyarakat Mandailing dan Minangkabau mengakibatkan terjadinya akulturasi. Akulturasi budaya yang terjadi antara kedua etnis ini dapat dilihat dari proses perkawinan masyarakat Mandailing yang sudah mengadopsi beberapa budaya Minangkabau. Akulturasi budaya yang terjadi di daerah ini diakibatkan adanya perkawinan antar etnis, migrasi dan interaksi antar etnis.

 

References

Akmal. (2015). Hak Asasi Manusia (Teori dan Praktik). Padang: UNP Press.
Marestiana, A., Imron, A., & Basri, M. (2013). Akulturasi Perkawinan Suku Sunda Dan Suku Jawa Di Desa Tanjung Ratu Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Pesagi (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 1(1).
Moleong, J Lexy. (2011). Meteodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurjannah, N., & Ayu, A. G. (2016). Akulturasi Budaya pada Upacara Perkawinan Masyarakat Jawa di Desa Perlis Kecamatan Brandan Barat. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 2(2), 121-129.
Gusmanto, R. (2017). Akulturasi Minangkabau, Jawa, Dan Mandailing Dalam Kesenian Ronggiang Pasamandi Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat. Garak Jo Garik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni, 12(2).
Soerjono, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pres
Soehartono, I. (2012). Metode Penelitian Sosial (suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta Syafii,
Ritonga, A. S., & Bahri, S. (2017). Asimilasi budaya melayu terhadap budaya pendatang di kecamatan senapelan kota pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2), 1-15.
Qaidar, A., Anisah, N., & Si, M. (2018). Proses Akulturasi Budaya melalui Perkawinan Campuran Suku Jawa-Gayo di Desa Jeget Ayu Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 3(3).
Published
2018-11-30
How to Cite
Suhaimar, L., & Dewi, S. (2018). Akulturasi Budaya Pada Perkawinan Etnis Mandailing dan Minangkabau Di Nagari Sontang. Journal of Civic Education, 1(2), 116-122. https://doi.org/10.24036/jce.v1i2.218
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)