Marketing Politik Calon Walikota Padang pada Pilkada Serentak Juni 2018

  • Indah Fajar Lestari Universitas Negeri Padang
  • Al Rafni Universitas Negeri Padang
Keywords: Pilkada Walikota Padang, Product, Price, Politic Marketing

Abstract

Pelaksanaan Pilkada Kota Padang Juni 2018 yang diikuti oleh calon incumbent memiliki cara-cara marketing politik yang unik. Hal ini karena calon Walikota Padang merupakan pasangan incumbent yang memilih maju dengan pasangannya masing-masing sehingga diperlukan marketing yang berbeda untuk memenangkan Pilkada. Penelitian ini akan membandingkan marketing politik yang dilakukan kedua calon Walikota Padang terkait 4 aspek yaitu product political marketing, place political marketing, prise political marketing dan promotion political marketing. Tujuan penelitian ialah untuk mengkomparasikan marketing politik yang dilakukan oleh kedua pasang calon Walikota Padang yaitu Emzalmi-Desri Ayunda dan Mahyeldi-Hendri Septa dalam Pilkada serentak Juni 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif  dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder, dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa marketing politik yang dilakukan pasangan Mahyeldi-Hendri Septa lebih baik dari pasangan Emzalmi-Desri Ayunda setelah dibandingkan dari segi , price,place dan promotion politic marketing. Keberhasilan pasangan Mahyeldi-Hendri Septa dalam memasarkan product politik dengan memanfaatkan ketokohan dalma masyarakat, penggunaan dana dan tempat kampanye dengan baik, serta promosi yang dilakukan dengan baik melalui media atau bertemu langsung dengan masyarakat berhasil mengantarkan pasangan menjadi Walikota dan Wakil Walikota Padang pada Pilkada Serentak Juni 2018. 

References

Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta : Prenadamedia Group.
Firmanzah. 2008. Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Hamonangan, Gustiar. (2017). “Strategi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Untuk Memenangkan Calon Kepala Daerah yang Diusungnya di Kabupaten Padang Lawas Utara”.Tazkir:Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan Vol.3 No.2 Desember 2017 p-ISSN 2442-7004, e-ISSN 2460-609x.
Ramli, Lili. (2011). “Reformasi Partai Politik dan Sistem Kepartaian di Indonesia”. Jurnal Politica Vol.2 No.2, November 2011.
Nurman,S, dan Al Rafni. 2005. “Strategi Partai Keadilan Sejahtera Kota Padang dalam Memenangkan Pemilu Legislatif 2004”. Jurnal Demokrasi Vol. IV No. 2 Th.2005 Hal:61-76.
Purwaningsih,Titin. (2017). “Modalitas Calon Bupati Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2015” (Studi Kasus: Indah Putri Indriani Sebagai Bupati Terpilih di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan)”. Journal of Governance And Public Policy. Vol.4 No.1 February 2017.
Pusida, Rianto. (2018). “Perilaku Pemilih Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2013 (Studi Tentang Efektivitas Kampanye)”. Jural Jurusan Ilmu Pemerintahan, Vol.1. No. 1 Tahun 2018. ISSN: 2337-57736.
Rustandi, Dudi. (2013). “Pencitraan Politik Daring: Strategi Memenangkan Massa Digital Menjelang Pemilu 2014”. Jurnal Observasi Vol.11 No.2 Tahun 2013.
Swasono, Yoga. 2017. “Pengaruh Alat Peraga kampanye Terhadap Partisipasi Politik di Kelurahan Sumber Rejo Pemilihan Kepala Daerah Bandar lampung 2015”. Bandar lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
http://kota-padang.kpu.go.id/ diakses pada hari Minggu, 14 Juli 2019.
http://news.m.klikpositif.com/baca/34590/fakta-di-balik-kekalahan-emzalmi-desri-di-pilkada-padang?page=3 diakses pada hari Minggu, 14 Juli 2019
https://www.m.gosumbar.com/berita/baca/2016/02/27/kota-padang-kian-menawan-mahyeldi-emzalmi-wujudkan-impian-masyarakat diakses pada hari Minggu, 14 Juli 2019
Published
2018-12-28
How to Cite
Lestari, I., & Rafni, A. (2018). Marketing Politik Calon Walikota Padang pada Pilkada Serentak Juni 2018. Journal of Civic Education, 1(3), 225-233. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.222

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.