Upaya Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa UNP dalam PKM 5 Bidang

  • Yogi Febri Andhika Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: PPIPM, PKM 5 bidang, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Universitas Negeri Padang dalam Program Kreatifitas Mahasiswa 5 bidang. Hal itu dilatar belakangi dari tidak adanya mahasiswa Universitas Negeri Padang yang lolos Pekan Mahasiswa Nasional tahun 2017. Sementara itu tahun 2018 hanya dua proposal yang lolos Pekan Mahasiswa Nasional dan tahun 2019 lima proposal yang lolos Pekan Mahasiswa Nasional. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, peningkatan kemampuan yang dilakukan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa yaitu dengan workshop, pusat informasi dan konsultasi, bimbingan, dan terakhir penyeleksian Program Kreatifitas Mahasiswa. Kendala yang dihadapi oleh Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa yaitu pertama, masih kurangnya antusias dan partisipasi mahasiswa Universiats Negeri Padang terkait Program Kreatifitas Mahasiswa. Kedua, masih kurangnya sosialisasi terkait Program Kreatifitas Mahasiswa. Ketiga, masih rendahnya kualitas dan kuantitas proposal program Kreatifitas Mahasiswa yang dihasilkan. Upaya yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa yaitu pertama, pemberian bebas Uang Kuliah Tunggal dan skripsi bagi yang lolos Pekan Mahasiswa Nasional dan Pemberian hadiah 20 juta perkelompok bagi yang juara oleh Rektor Universitas Negeri Padang. Kedua, Program Kreatifitas Mahasiswa Corner disetiap fakultas sebagai pusat informasi terkait Program Kreatifitas Mahasiswa. Ketiga, Perubahan sistem pengunggahan dan mendatangkan reviewer nasional. 

References

Gusnia, Dilla. 2017. Evaluasi Program Wirausaha di Universitas Negeri Padang. Skripsi. FIS, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Padang.
Gitosudarmo, Indriyo. 2002. Perilaku Organisasi. Yogyakarta : BPFE.
Hariadi. 2009. Soft Skill dan Program Kreatifitas Mahasiswa. Jurnal generasi kampus (Vol. 2. No. 2).
Karianga, Hendra. 2011. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. Bandung: Penerbit Alumni.
Moleong, Lexy. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Putra, Anggara Pramana. 2018. “Program Kreatifitas Mahasiswa dan Implikasinya dalam Upaya Sustainable Empowerment”. Journal of Multidisciplinary Reserch and Development. (Vol 1. No. 1).
Ristekdikti.2017. Pedoman Program Kreatifitas Mahasiswa 2017. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Torang, Syamsir. 2013. Organisasi dan Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Published
2018-12-28
How to Cite
Andhika, Y., & Indrawadi, J. (2018). Upaya Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa UNP dalam PKM 5 Bidang. Journal of Civic Education, 1(3), 234-241. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.223

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>