Persepsi Warga Sekolah Terhadap Full Day School di SMP Negeri 32 Padang

  • Mardiatul Latifah Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
Keywords: persepsi warga sekolah, kebijakan, full day school

Abstract

Kurangnya kesiapan warga sekolah dalam menerima kebijakan full day school serta kurang efektifnya pengelolaan kebijakan full day school di SMP Negeri 32 Padang menimbulkan beragam persepsi dari warga sekolah mengenai kebijakan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi warga sekolah terhadap kebijakan full day school di SMP Negeri 32 Padang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah warga sekolah SMP Negeri 32 Padang dan sampel penelitian ini terdiri dari 82 orang warga sekolah. pengambilan data menggunakan kuesioner dengan opsi jawaban berupa skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan full day school kurang disetujui oleh warga sekolah. Kebijakan tersebut dalam pelaksanaannya ternyata kurang memberikan sosialisasi mengenai kebijakan full day school, warga sekolah belum siap untuk menerapkannya, sarana pendidik dan pegawai kurang mendukung kebijakan full day school, penambahan waktu belajar masih kurang terlaksana dengan baik, dan kebijakan menganai program-program full day school lainnya kurang terlaksana dengan baik di SMP Negeri 32 Padang.

References

Majid abd. (2018). Analisis kebijakan pendidikan. Yogyakarta: samudera biru.
Permendikbud ri no. 23 tahun 2017 tentang hari sekolah.
Taufiqurahkman. (2014). Kebijakan publik pendelegasian tanggung jawab kepada presiden selaku penyelenggara pemerintah. Jakarta: fakultas ilmu sosial dan politik universitas moestopo beragama (pers)
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sikdiknas
Vander, zanden j. W. (1979). Sociology. New york: john wiley and sons.
Published
2019-09-02
How to Cite
Latifah, M., & Hasrul, H. (2019). Persepsi Warga Sekolah Terhadap Full Day School di SMP Negeri 32 Padang. Journal of Civic Education, 2(3), 236-243. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.230