Implementasi Program Kampung KB dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang

  • Rahman HM Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Indrawadi Universitas Negeri Padang
Keywords: kesejahteraan, kampung, keluarga berencana

Abstract

Untuk mengatasi masalah kemiskinan dan kesejahteraan yang terjadi di Indonesi, pemerintah telah menetapkan salah satu program yaitu program kampung KB, yang telah diterapkan di Kampung KB Berok Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program Kampung KB serta kendala dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB Berok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari, ketua, kader, pembina, pengurus kampung KB Berok dan tokoh masyarakat. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dengan teknik kualitatif dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi program Kampung KB dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui beberapa program, yaitu Bina Keluarga Balita, Bina Keluara Remaja, Bina Keluarga Lansia, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja. Namun masih terdapat kendala-kendala dalam implementasi program seperti belum maksimalnya dukungan pemerintah, belum dibentuknya pengelola yang aktif untuk menjalankan program-program, keterbatasan pengetahuan SDM (kader), dan keterbatasan anggaran. Oleh sebab itu diharapkan pemerintah dapat mengevaluasi kebijakan mengenai program kampung KB, sehingga penerapan kampung KB dapat ditingkatkan dan terciptanya masyarakat yang sejahtera.

References

Akmal. (2011). Pemenuhan Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya (EKOSOB) bagi Masyarakat Nelayan di Kota Padang. Jurnal Demokrasi Vol 10 (2), 2011.
BKKBN. (2017). Revolusi Mental Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Keluarga Informasi Kependudukan dan KB. BKKBN. Jakarta.
BPS Kota Padang. (2018). Kota Padang dalam Angka.
Desi, Ariani. (2018). Implementasi Program Kampung Keluarga Berencana Di Desa Percut Kecamata Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Politik USU.
Fauziah, Tika. (2014). Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Penyuluhan Program Keluarga Berencana.
MAHARTO, N. (2018). Implementasi Kebijakan Tentang Program Kampung Keluarga Berencana Menuju Terwujudnya Keluarga Sejahtera Di Kabupaten Cirebon (Doctoral dissertation, UNPAS).
Raikhani, A., Yunas, N. S., Ratnasari, L., & Hariastuti, I. (2018). Analisa Kontribusi Program Kampung KB dalam Upaya Peningkatan Program KKBPK di Kab. Jombang, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Kebidanan Scientific Journal of Midwifery, 4(2), 101-113.
Zulta, Nurhafifah. (2017). Implementasi Program Kampung KB dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
Published
2019-09-02
How to Cite
HM, R., & Indrawadi, J. (2019). Implementasi Program Kampung KB dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Journal of Civic Education, 2(3), 295-301. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.233

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>