Upaya Guru dalam Membina Sikap Sosial Siswa

  • Zulkarnain Zulkarnain Universitas Negeri Padang
  • Maria Montessori Universitas Negeri Padang
Keywords: guru, sikap sosial, siswa

Abstract

Guru disekolah tidak hanya dituntut untuk memberikan materi pembelajaran saja melainkan guru juga dituntut untuk membina karakter dan sikap siswa, termasuk dalam membimbing dan membina sikap sosial siswa di sekolah. Sikap sosial siswa di sekolah perlu dikembangkan dalam hal saling menghormati dan menghargai, saling tolong-menolong, kerja sama, serta peduli terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengungkapkan bagaimana pembinaan sikap sosial siswa di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Informan pada penelitian ini ditentukan dengan cara Porposiv Sampling. Jenis datanya adalah data primer dan data sekunder dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik Triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap sosial siswa di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan masih kurang baik karena masih ada siswa yang tidak menghormati guru, berkata kasar, suka mengejek teman, tidak peduli dengan sesama. Untuk itu diperlukan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam membina sikap sosial siswa. Upaya yang dilakukan guru di SMP Negeri 5 Koto XI Tarusan diantaranya dengan cara memberikan nasehat, memberikan sanksi atau hukuman, memberikan motivasi, melalui metode pembiasaan, pengertian, dan memberikan pembinaan dengan menggunakan model.

 

References

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga,
Gerungan, W. A. (1988). Psikologi Sosial, Bandung: Eresco,
Gunarsa, S. D. (1991). Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. BPK Gunung Mulia.
Hasan, Langglung. (1995). Manusia dan pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nisrima, S., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1).
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.
Zulkifli, L. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya.
Published
2019-09-02
How to Cite
Zulkarnain, Z., & Montessori, M. (2019). Upaya Guru dalam Membina Sikap Sosial Siswa. Journal of Civic Education, 2(3), 270-275. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.235

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>