Guru Perempuan Dalam Pembentukan Karakter Anak

Studi TPA/MDA Masjid Taqwa Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging

  • Wilda Wisnofa Anggraini UNP
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: TPA/MDA, guru perempuan, pembentukan karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ikut sertanya perempuan berpartisipasi menjadi guru mengaji dalam mengajarkan Al-Qur’an. Perempuan berpartisipasi menjadi guru mengaji karena suka membaca Al-Qur’an, sayang terhadap anak-anak bahkan memang keinginan dari dalam hati untuk mengajarkan Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru perempuan serta kendala-kendala yang dihadapi guru perempuan dalam pembentukan karakter anak didik di TPA/MDA Masjid Taqwa Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian sebanyak  13 guru mengaji perempuan, 16 anak didik, 7 pengelola dan 14 orangtua. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru perempuan dalam pembentukan karakter anak dapat dikategorikan baik hal ini ditunjukan guru perempuan berperan sebagai pengajar dalam memperbaiki bacaan Al-Quran dan Iqra dengan baik, benar dan fasih, yang dilakukan dengan cara guru mengaji terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh anak didik. Sebagai pendidik yaitu guru menanamkan sikap saling menghargai, guru memberikan hukuman yang mendidik, guru mencontohkan adab yang mengikuti sunnah Rasul, guru memberi motivasi dan guru memberi peluang kepada anak didik untuk tampil saat didikan subuh. Sebagai teladan guru menanamkan jiwa disiplin, serta guru menanamkan jiwa taat dalam beribadah. Kendala yang dihadapi yaitu kebiasaan masyarakat yang mencela profesi guru mengaji, guru sabar mengajar karena daya tangkap anak didik lambat serta kurang maksimalnya kerjasama guru mengaji dengan orangtua anak didik. Dapat disimpulkan bahwa peran guru perempuan dalam membentuk karakter anak diantaranya sebagai pengajar, pendidik dan teladan. 

References

Abdullah, Ridwan Sani. 2011. Pendidikan Karakter di Pesantren. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Hawi, Akmal. 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja RosdaKarya.

Rif’an, Ahmad Rifa’i. 2015. Be Amazing Muslimah. Jakarta: QultumMedia.
Rosyada, Dede. 2017. Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Kencana.
Shihab, M Quraish. 2018. Perempuan. Tanggerang: Lentera Hati.
Suyanto. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta :UNY Press.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zulhan. 2010. Pendidikan Berbasisi Karakter. Surabaya: JePe Press Media Utama.
Jurnal
Adawiyah Arabiatul. 2016. “Implikasi Pendidikan Non Formal Pada Remaja. Jurnal Equilibrium, 4(2): 1.
Muhsin, Ali. 2017. “Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (2): 275.
Nashikhah, Ma’rifatun. 2016. “Peranan Soft Skill Dalam Menumbuhkan Karakter Anak TPA”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1): 34-37.
Sari, Dewi Purnama. 2017. ‘’Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an”. Jurnal Islamic Counseling, 1(01):24
Skripsi
Aisyahlani, Vinny Putri. 2017. Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an di Masjid Al-Fattahsekip Ujung Palembang”. Skripsi. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Patah Palembang.
Rosita, Ita. 2017. “Peran Perempuan sebagai Pendidik Perspektif M. Quraish Shihab”. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri.
Published
2018-12-28
How to Cite
Anggraini, W., & Isnarmi, I. (2018). Guru Perempuan Dalam Pembentukan Karakter Anak. Journal of Civic Education, 1(3), 261-271. https://doi.org/10.24036/jce.v1i3.237
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)