Upaya Guru dalam Mengurangi Etnosentrisme di Sekolah

  • Sheila Ayu Ningsih UNP
  • Isnarmi Isnarmi Universitas Negeri Padang
Keywords: etnosentrisme, sekolah, upaya guru

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat Upaya Guru Dalam Mengurangi Sikap Etnosentrisme Yang Berkembang di SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk etnosentrisme, upaya guru, dan faktor etnosentrisme bertahan di SMPN 3 Luhak Nan Duo. Guru dan seluruh perangkat sekolah telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi sikap etnosentrisme yang berkembang disekolah. Namun, masih ada saja konflik dan gesekan-gesekan siswa antar suku yang disebabkan oleh sikap etnosentrisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan teknik pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan cara observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Studi kepustakaan dianalisis dengan menggunakan teknik analisi data dari Miles & Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Guru Dalam Mengurangi Etnosentrisme di SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat telah dilakukan dengan maksimal, namun belum mencapai tujuan yang diinginkan. Banyak siswa-siswi yang masih memiliki sikap etnosentrisme yang kental. Padahal seluruh guru telah bekerja sama dengan baik untuk mengurangi etnosentrisme yang berkembang di SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat. Hal ini trjadi karena faktor penyebab etnosentrisme yang datang dari luar lingkungan sekolah sangat kuat.

References

Ahmadi, R. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arifudin, Iis. (2007). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di sekolah. Purwokerto: P3M STAIN Purwokerto.
Ghony. M Djunaidi & Almanshur, Fauzan. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Ar-Ruzz Media.
Hamidi. (2010), Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian, Malang: UMM Press.
Herdiansyah, Haris. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu - Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hidayatullah Al-Arifin, Akhmad. (2012). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praksis Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan, Madrasah Tsanawiyah Negeri Sleman.
Intan Savitri, (2008). Membangun Budaya Damai Berkesinambungan:Pendekatan Teori Identitas Sosial, Etnosentrisme Dan Psikologi Komunitas Di Poso, Sulawesi Tengah. Jurnal Psikologi Indonesia. No. 1,
Irhandayaningsih, A. (2012). Kajian Filosofis Terhadap Multikulturalisme Indonesia. HUMANIKA, 15(9).
Indonesia, T. P. K. B. B. (2005). Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Cetakan ketiga. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI dan Balai Pustaka.
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Minisih, dkk. 2015. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru, Siswa Dan Orang Tua Dalam Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Isnarmi, I. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif: Integritas Moral, Dialogis dan Adil. Univeristas Negeri Padang
Sain Hanafy, Muh, (2015). Pendidikan Multikultural Dan Dinamika Ruang Kebangsaan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Diskursus Islam, Volume 3 Nomor 1.
Samsuri, (2011). Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Era Reformasi Di Indonesia. FISE Universitas Negri Yogyakarta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Afabeta.
Sujarwo. (2013), Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan, Dosen PKJR Fakultas Ilmu Keolahragaan: UNY
Sukoco, (2015). Kebijakan Pendidikan Multikultural Di Indonesia. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP Veteran Semarang, Vol: XXII, No:2.
Sunarso, (2009). Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia Dari Rezim Ke Rezim. Jurusan PKn dan Hukum FISE / MKU-UNY ).
Suyitno, Imam. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. FBS Universitas Negeri Malang.
Wibowo. A. P dan Wahono Margi. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret untuk meperkuat multikulturalisme di Indonesia, Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2: Universitas Pendidikan Indonesia & Universitas Negeri Malang.
Widiastuti, Tuti. (2012). Analisis Framing Sebuah Konglik Antar Budaya Di Media. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.
Wikipedia Bahasa Indonesia
Yulvika, U. E., & Rivaie, W. Analisis Etnosentrisme Antar Kelompok Siswa di Kelas XI IPS SMA N 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(8).
Yusuf. A Muri. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan Penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.
Published
2019-09-02
How to Cite
Ningsih, S., & Isnarmi, I. (2019). Upaya Guru dalam Mengurangi Etnosentrisme di Sekolah. Journal of Civic Education, 2(4), 221-227. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.238
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)