Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Kegiatan Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Padang

  • Sri Lestari universitas negeri padang
  • Nurman Nurman Universitas Negeri Padang
Keywords: implementasi, nilai-nilai kemanusiaan, KSR PMI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi anggota KSR PMI Unit UNP dalam kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kemanusiaan dalam kegiatan KSR PMI Unit UNP, faktor penghambat yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan pengurus untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penilitian ini adalah pembina, pengurus, dan anggota KSR PMI Unit UNP serta mahasiswa yang bukan anggota KSR PMI Unit UNP dan masyarakat di lokasi KSR PMI Unit UNP mengadakan kegiatan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi nilai-nilai kemanusiaan dalam kegiatan KSR PMI Unit UNP telah berjalan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan lagi. Faktor penghambat yang dihadapi adalah komitmen dan dukungan dari anggota masih kurang, sumber daya dan waktu yang kurang memadai, dan adanya hambatan dari faktor eksternal. Sedangkan upaya yang dilakukan adanya evaluasi setiap selesai kegiatan, membuka arsip-arsip lama, membuat acara keakraban, mengajukan proposal ke pihak luar, iuran anggota serta adanya peminjaman perlengkapan kepada pihak luar.

References

Abduh, M dan Tukiran T. (2017). Pengembangan Nilai-nilai Sila II Pancasila Pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Scholaria, Vol. 7, No. 2, Mei 2017.
Ananda, Azwar. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pendidikan Karakter Bangsa Dan Strategi Pembelajaran Nilai. Padang: UNP Press.
Ashari, Alfiantika Febrian. (2016). Analisis Peranan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Sila Kedua. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 2,
Khoirunnisak, A. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID) Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 5, No. 03.
Purwanto, Erwan A, dan Dyah R. (2015). Implementasi Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Rahayu, Ani Sri. (2014). Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Bumi Aksara.
Rianto, Hadi. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 3, No. 1.
Sapta, Seven Audi. (2009). Kenali PMI. Jakarta: PMI.
Srijanti, dkk. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi: Mengembangkan Etika Berwarga Negara. Jakarta: Salemba Empat.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan.
Winarno. (2012). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraa: Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2019-09-02
How to Cite
Lestari, S., & Nurman, N. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Kegiatan Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education, 2(3), 211-220. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.240

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>