Meningkatkan Kesadaran Hukum melalui Pembelajaran Ilmu Hukum di Perguruan Tinggi
Abstract
Orientasi utama pembelajaran ilmu hukum adalah untuk meningkatkan kesadaran hukum mahasiswa yang memiliki sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku. Namun kenyataannya berdasarkan observasi ditemukan bahwa cukup banyak mahasiswa yang tidak memiliki kesadaran terhadap peraturan-peraturan di kampus dan di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, berusaha menjawab permasalahan bagaimanakah gambaran pembelajaran ilmu hukum dalam meningkatkan kesadaran hukum mahasiswa prodi PPKn Universitas Negeri Padang dan upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kesadaran hukum. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket. Hasil penelitian menemukan bahwa mahasiswa PPKn sebagian besar setuju bahwa dengan adanya pembelajaran ilmu hukum mampu memberikan pengetahuan , pemahaman, sikap dan perilaku hukum. Dan upaya yang dapat dilakuan untuk meningkatkan kesadaran hukum adalah melalui tindakan hukum, pendidikan dan kampanye hukum.
References
Farhana. “Responsive Legal Approach to Law of Human Trafficking in Indonesia”, Journal of Social Studies Education Research , Vol. 9 No. 1 p214-227, 2018
Hamzah. “ Curriculum and Intructional Challenges in Clinical Legal Education of Indonesian Law School: Breaking the Legacy”, Journal of Social Studies Education Research, Vol. 9 No. 3 p215-225, 2018
Kolivoski, Karen M. ; Shook, Jeffrey J.; Johnson, Heath C.; Goodkind, Sara; Fusco, Rachel; Delisi, Matt; Vaughn, Michael G. Applying Legal Socialization to the Child Welfare System: Do Youths’ Perceptions of Caseworkers Matter?”, Child & Youth Care Forum, Vol. 45 No. 1 p65-83, 2016
Gostev, Aleksandr N.; Turko, Tamara i.; Shchepanskiy, Sergey B. “Social Mechanisms in Elaborating Russian Educational Policy: Legal Monitoring”. International Journal of Environmental and Science Education, Vol. 11 No. 18 p11195-11218, 2016
Nguyen, David H.K.; Collier, Joan; Watts, Angela; Cartwright, Camille; King-Kostelac, Amelia.”Examining the Legal Consciousness of Residence Life Staff”. Journal of Collage and University Student Housing, Vol. 44 No. 3 p126-143, 2018
Curro, Gina; Ainswroth, Nussen. “Social Media and Higher Education: Does Digitally Enabled Learning Have a Place in Law Schools?”. Journal of the Scholarship of Teacing and Learning, Vol. 18 No. 3 p72-86, 2018
Decker, Jonet R; Pazey, Barbara L. “Case- Based Instruction to Teach Eduators about the Legal Parameters Surrounding the Discipline of Students with Disabilities”. Action in Teacher Education. Vol. 39.No. 3 p255-273, 2017
Abdulwahid, Muntaha A.; Hamzah, Zaitul Azma Binti Zainon; Hajimaming, Pabiyah; Alkhawaja, Hussein W. “Translating Legal Collocations in Contract Agreements by Iraqi EFL Students- Translators”. International Journal of Education and Literacy Studies, Vol. 5 No. 1 p55-68, 2017
Zhussupova, Guldaray B.; Zhailyaubayev, Rassul T. ; Ukin, Symbat K.; Shunayeva, Sylu M.; Nurmagambetov, Rachit G. “Theoretical Issues of the Constitutional Regulation Mechanism”. International Journal of Environmental and Science Education, Vol. 11 No. 11 p4146-4153, 2016
McCourt, Alison; Low, Mary; Tappin, Ella. “The Relevance of Business Law Education for Future Accountants: A New Zealand Perpective”. E-Journal of Business Education and Scholarship of Teaching. Vol. 7 No. 1 p1-16, 2013
Jain, Jasmine; Abdullah, Nabilah; Lim, Beh Kian. “Pre Service Science Teachers’ Conceptions on the Scientific Theory- Law Relationship: A Phenomenographic Study”. Electronic Journal of Science Education. Vol. 18 No. 4, 2014
Soekanto, Soerjono. 1982. Kesadaran Hukum dan Kepatuhan Hukum Suatu Analisis Sosiologi Hukum. Jakarta: CV. Rajawali.
Suparlan, Marzuki. Tanpa tahun. Diklat Kuliah Sosiologi Hukum. Yogyakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
Rahardjo, Sutjipto. 2009. Hukum dan Perilaku. Jakarta: Kompas Media Nusantara
Razak, Yusran (Ed). 2008. Sosiologi Sebuah Pengantar Tinjauan Pemikiran Sosiologi Perspektif Islam. Ciputra: Laboratorium Sosiologi Agama.