Realisasi Program Dinas Sosial Kota Jambi dalam Membentuk Mental dan Keterampilan Anak Jalanan

  • Elvi Wahyu Jenia Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
Keywords: dinas sosial, mental, keterampilan, anak jalanan, Jambi

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan realisisasi program Dinas Sosial kota Jambi dalam membentuk mental dan keterampilan anak jalanan. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Informan ditentukan secara purposive, beberapa informan penelitian yaitu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Anak dan Lanjut Usia Dalam Dinas Sosial kota Jambi dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi program Dinas Sosial kota Jambi dalam membentuk mental dan keterampilan anak jalanan tahun 2017-2018 cukup baik dalam melaksanakan pembinaan anak jalanan. Dalam program ini anak jalanan diberikan empat bentuk bimbingan yaitu bimbingan mental, fisik, sosial, dan keterampilan namun bimbingan keterampilan belum terealisasikan dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya kerja sama antara Dinas Sosial kota Jambi dengan masyarakat, kurangnya kesadaran diri pada anak jalanan dan keterbatasan dana sehingga program ini terkesan tidak berkelanjutan. Oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan berupa uang dan peralatan yang dibutuhkan anak jalanan untuk membuka usaha. 

 

References

Astri, Herlina. (2014). Kehidupan Anak Jalanan di Indonesia: Faktor Penyebab,Tatanan Hidup dan Kerentanan Berprilaku Menyimpang. Pusat Pengkajian, Pengelolaan Data dan Informasi: Sekretariat Jendral RI.
Destia,Elvira. (2017). Evaluasi Program Anak Jalanan di LSM Komunitas Peduli Anak di Kampung Aur Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumetera Utara.
Erwin. (2013). Karakteristik Anak Jalanan dan Bentuk Bentuk Kekerasan Terhadap Anak Jalanan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat: Universitas Andalas.
Fathoni,Abdurrahmat. (2006). Organisasi Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Indarto, Setyo, Sigit. (2009). Strategi Hidup Anak Jalanan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Pamuchtia Yunda, Nurmala. (2013). Konsep Diri Anak Jalanan. Jurnal Transdisiplin Sosiologi. Jawa Barat.
Peraturan Walikota Nomor 29 Tahun 2016 (Penanganan gelandangan, pengemis dan anak jalanan).
Puruhita dkk. (2016). Perilaku Sosial Anak Anak Jalanan di Kota Semarang: Univerritas Negeri Semarang.
Tarwilah. (2013). Pendidikan keagamaan Pada Komunitas Anak Jalanan Kota Banjarmasin. IAIN Antasari.
UU No.35 Tahun 2014 (Perlindungan anak).
UUD 1945 Pasal 34 ayat (1) (Kemiskinan).
Zarfina, Yenti dkk. (2008). Anak Jalanan di Simpang Lampu Merah Telanaipura Kota Jambi (analisis Terhadap Dampak Eksploitasi Anak). IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Published
2020-01-14
How to Cite
Jenia, E., & Suryanef, S. (2020). Realisasi Program Dinas Sosial Kota Jambi dalam Membentuk Mental dan Keterampilan Anak Jalanan. Journal of Civic Education, 2(5), 431-439. https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.277
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)