Peningkatan Akses Pendidikan oleh Baznas Kota Padang bagi Masyarakat Kurang Mampu Melalui Program Padang Cerdas

  • Dena Alesia Universitas Negeri Padang
  • Nurman Nurman Universitas Negeri Padang
Keywords: akses pendidikan, BAZNAS, Padang Cerdas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Padang Cerdas  oleh BAZNAS Kota Padang, mengidentifikasi bentuk pendanaan Program Padang Cerdas serta melihat pemerataan akses dalam pelaksanaan Program Padang Cerdas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan penelitian diantaranya Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaaan BAZNAS Kota Padang, pihak sekolah, siswa penerima Beasiswa Padang Cerdas dan orang tua penerima Beasiswa Padang Cerdas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program padang cerdas sudah berjalan semestinya seperti sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara program padang cerdas sudah dijalankan, kemudian mengenai pemetaan target sudah sangat jelas. Dalam program Padang Cerdas memberikan kuota tiap sekolah sebanyak 5 orang. Setelah itu mengenai dana yang diterima oleh siswa sudah mencukupi dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan bagi siswa masing-masing tingkatan sekolah. Namun ada beberapa sekolah yang tidak terdaftar dalam program Padang Cerdas karena pihak sekolah tidak mengirimkan data siswa BAZNAS Kota Padang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program padang cerdas telah dilaksanakan sebagaimana mestinya walaupun ada beberapa yang belum efektif. 

References

Basrowi, Suwandi. (2008). Memahami penelitian kulalitatif. Jakarta. Rineka cipta
Fadilah, Hani Noor. 2019. Pengelolaan zakat di BAZNAS Kota Tangerang Selatan untuk usaha prodktif dalam pemberdayaan ekonomi umat. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta
Nopriardo, W. (2007). Mekanisme pengelolaan zakat produktif pada Badan Amil Zakat Nasional Tanah Datar. (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam)-Volume 1, Nomor 2, Juli-Desember 2016
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2016). Konsep Umum Pelaksaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 1–12.
Selasi, D., & Wahyudin, M. (2019). Implementasi Pengelolaan Zakat Profesi Terhadap Bantuan Beasiswa Pendidikan Di Kementrian Agama Kabupaten Cirebon ( Studi Kasus Pada BAZNAS Kabupaten Cirebon ) Abstrak, 3(1), 22–37.
Sinulingga, R. (2014). Implementasi Program Bantuan Siswa Miskin Bagi Siswa Sma Negeri Di Kota Binjai, 7(April).
Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44.
Suryana, S. (2009). permasalahan pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan
Tim Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi. (2017). Strategi Pengelolaan Zakat Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Miskin Pada AmiL Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekan Baru. UIN Suska Riau. Jurnal Risalah, Vol. 28, No. 2
UU No. 23. Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zulhendra, J., Hukum, F., & Padang, U. T. (2017). Kajian pendistribusian zakat oleh BAZNAS kota padang kepada majlis taklim binaan ditinjau dari hukum islam, 5, 1–15
Published
2019-12-19
How to Cite
Alesia, D., & Nurman, N. (2019). Peningkatan Akses Pendidikan oleh Baznas Kota Padang bagi Masyarakat Kurang Mampu Melalui Program Padang Cerdas. Journal of Civic Education, 2(5), 371-379. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.280
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)