Peranan Program Parenting dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Junjung Sirih

  • Rega Angrea Putri Universitas Negeri Padang
  • Hasrul Hasrul Universitas Negeri Padang
Keywords: parenting, pendidikan karakter, SMAN 1 Junjung Sirih

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya peran orang tua dalam membentuk karakter siswa di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan program  yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknis purposive sampling dengan informan penelitian sebanyak 25 orang informan yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru agama, guru PPKn, wali kelas, orang tua siswa dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukankan bahwa komunikasi yang baik antara sekolah dan orang tua siswa mampu merubah sikap siswa-siswi di sekolah maupun di rumah. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan program  di SMA Negeri 1 Junjung Sirih seperti sulitnya transportasi pergi dan pulang ketika pelaksanaan program  dan beberapa orang tua siswa yang tidak memiliki handphone android dan tidak masuk grup whatsapp dengan wali kelas. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi factor penghambatnya seperti kegiatan  program  di dilaksanakan di mesjid terdekat dengan pemukiman masyarakat dan melibatkan anggota keluarga keluarga yang lain dalam kegiatan grup whatsapp seperti, ayah, ibu ,kakak dan adik supaya tidak ketinggalan informasi dari wali kelas. Dapat disimpulkan bahwa peranan program  dapat dilaksanakan dengan menfasilitasi dan mencarikan akses yang mudah dijangkau oleh masyarakat untuk ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan program  yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Junjung Sirih. 

References

Afrianti, Nurul dkk. 2018. Implementasi program di PAUD inklusif terpadu kasih bunda bandung. Prosiding pendidikan guru PAUD. No. 2. Vol. 4 . ISSN: 2460.
Andriansyah. 2015. Manajemen Trasportasi Dalam Kajian Teori. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. No. ISBN: 978-602-9006-12-4.
Andora dan I Made Wijana (2016) Eranan Sekretaris Dalam Menyelenggarakan Rapat Di Sekretariat Dprd Kota Tangerang Selatan. Jurnal Sekretaris Vol 3 No.1- Januari 2016.
Hasan, Basuni. 2019. Program Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus MI Bahjatussibyan Besuk Probolinggo Dan SD Islam al-Amanah Besuki Situbondo). Tesis: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kinanti, Ajeng Sekar. 2019. Implementasi Program Skills Dalam Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik Di Smpit Permata Bunda Alawiyah. Skripsi: Universitas Lampung Bandar Lampung.
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 30 Tahun 2017 Tentang Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan.
Prayitno. 2006. Kegiatan Pendukung 1- Kegiatan Pendukung 6. Padang: BK UNP.
Risdianto, Hermawan.dkk. 2016. Program Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal. Vol.1, No.1, Tahun 2016, Hal. 29-39. ISSN 2541-5549
Nurjanah, Kholisatul. 2017. Pelaksanaan Program Di Paud Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Edisi Vol. VI No. 02.
Syamsu S 2017, Pengaruh Program Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Studi pada PAUD Paramata Bunda Kota Palopo) Journal Of Social-Religion Research.Vol.2, No.2, Hal.161-174 ISSN(P): 2527-3744: ISSN(E):2527-3752
Sadikin, Ade Akhyadi, dkk. 2018 Program dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga (Program Pengabdian di Desa Karang Pakuan, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang), Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) Ikip Siliwangi
Sukmawati, Indah. dkk. 2013. Hambatan yang dialami guru BK dalam Pelaksanaan Resiana Nooraeni. 2017. Implementasi Program Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Volume 13, Nomor 2, Oktober 2017
Waldi, A. and Irwan, I., 2018. Students' Character Training through Game Online Extracurricular E-Sports in SMA 1 PSKD High School Jakarta. Journal of Moral and Civic Education, 2(2), pp.92-101.
Widianto, Edi.dkk 2018. Day Sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orang tua dan Anak. Jurnal Pendidikan Non formal Volume 13, Nomor 1.
Widyastuti, Ana. 2018. Implementasi Program Tentang Stimulasi Membaca, Menulis, Berhitung Bagi Orang Tua dan Guru Paud Limo Depok. Jurnal Terapan Abdimas, Volume 3, Nomor 1, Januari 2018, Hlm. 66-71.
Published
2019-12-19
How to Cite
Putri, R., & Hasrul, H. (2019). Peranan Program Parenting dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Journal of Civic Education, 2(4), 336-344. https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.281

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.