Persepsi Pemilih Pemula tentang Hak Memilih dalam Mengikuti Pemilu di Nagari Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung

  • Ridhatul Setyawan Universitas Negeri Padang
  • Alia Azmi Universitas Negeri Padang
Keywords: pemilih pemula, pemilu, Sijunjung, Sumatera BArat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya anggapan tentang krisis kepercayaan kepada pemimpin karena Indonesia belum mampu untuk maju ke arah yang lebih baik lagi. Hal ini tentunya berdampak kepada generasi muda yang baru pertama kali ingin memilih dalam Pemilu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan persepsi pemilih pemula tentang hak memilih dalam mengikuti Pemilu di Kenagarian Tanjung Gadang, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung. Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk melakukan penelusuran dan memperoleh gambaran terhadap hal yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemilih pemula tentang hak memilih dalam mengikuti Pemilu ditinjau dari sisi pengetahuan yang dimiliki pemilih masih dikategorikan rendah. Hal ini ditunjukkan dari pendidikan yang didapatkan dalam keluarga tentang hak memilih cenderung masih berupa paksaan, ditambah dengan pemahaman yang kurang dari pemilih pemula. Hal ini meliputi: tidak mengetahui syarat Pemilu, undang-undang yang mengatur serta proses dan sistem Pemilu yang berlaku. Pemilih pemula ini memiliki ketertarikan memilih karena pengaruh media massa namun mereka tidak paham dengan teori, konsep serta tujuan Pemilu sebagai upaya pemerintah untuk memwadahi aspirasi warga negara. Potensi yang dimiliki oleh pemilih pemula adalah semangat yang cukup tinggi, oleh karena itu pemerintah maupun pihak keluarga dapat lebih memberikan pemahaman kepada pemilih pemula untuk mengunakan hak memilih mereka. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran untuk memilih dalam Pemilu.

References

Efriza. 2012. Political Explore : Sebuah Kajian Ilmu Politik. Bandung: Alfabeta
Hasanah, Ratih & Aprianti, Agus. Pemanfaatan Media Massa Dalam Komunikasi Politik Pemilihan Calon Presiden (Konstruksi Realitas Pemilih Pemula dalam Pemilihan Presiden 2014). Program Studi Ilmu Komunikasi, Telkom University. 2016. https://ratihhasanah.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2016/12/PemanfaatanMedia-Massa-Dalam-Komunikasi-Politik-Pemilihan-Calon-Presiden.pdf diakses pada 30 Agustus 2019
Rafni, A., & Suryanef, S. (2019). Voter Education for First Time Voters through Rumah Pintar Pemilu. Journal of Moral and Civic Education, 3(1), 1-8.
Soeprapto, A., Susilasti, D. N., & Suparno, B. A. (2015). Komunikasi Dalam Proses Pendidikan Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum 2014 di DIY. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1).
Suryanef, S., & Rafni, A. (2015). Pendidikan Pemilih (Voter’s Education) Bagi Pemilih Pemula Serta Urgensinya Dalam Pembangunan Demokrasi. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 5(1), 571-576.
Published
2020-01-14
How to Cite
Setyawan, R., & Azmi, A. (2020). Persepsi Pemilih Pemula tentang Hak Memilih dalam Mengikuti Pemilu di Nagari Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung. Journal of Civic Education, 2(5), 440-445. https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.289
Section
Articles