Rekrutmen Calon Anggota Legislatif PSI Sumatera Barat pada Pemilu Legislatif 2019

  • Mayoga Pratama Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
Keywords: partai politik, rekrutmen politik, calon anggota legislatif

Abstract

Rekrutmen politik salah satu dari fungsi dari partai politik yang bertujuan untuk menyeleksi orang-orang untuk dapat mengisi jabatan-jabatan politik. Adanya pendekatan  asal comot, tidak sesuai aturan formal yang dibuat serta melahirkan kandidat yang bermasalah merupakan alasan utama penelitian ini. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola rekrutmen yang dilakukan oleh PSI serta faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam rekrutmen politik PSI Sumatera Barat. Sebagai partai politik baru yang mengikuti Pemilu 2019 PSI tentunya memiliki cara khusus dalam merekrut calon anggota legislatifnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan informan Pengurus Dewan Pengurus Wilayah PSI Sumbar, Calon Anggota Legislatif Partai Solidaritas Iindonesia DPRD Provinsi Sumbar, Caleg PSI DPRD Kabupaten/Kota yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara dan studi dokumentasi dengan menggunakan langkah – langkah pengolahan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pertama, pola rekrutmen yang dilakukan PSI Sumatera Barat terbuka secara formal namun dalam pelaksanaannya masih bersifat semi tertutup, seperti tidak konsistennya pelaksanaan prosedur rekrutmen yang telah ditetapkan. Kedua, faktor Faktor-faktor yang dipertimbangkan terhadap Caleg PSI adalah faktor latar belakang tidak cacat moral, motivasi, pengurus partai, serta anak-anak muda yang memiliki semangat anti korupsi dan anti intoleransi.

References

Gaffar, Afan. 2005. Politik Indonesia Menuju Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Greenstein, Fred I. & Polsby, Nelson W. 1975. Handbook And Political Science.Vol. 2. Reading, Mass., Addison-Wesley Pub. Co
Hariansinggalang. Penuhi Kuota 100 Persen, PSI Sumbar Daftarkan 655 Bacaleg. Edisi 18 Juli 2018.
Haris, Syamsudin, dkk. 2016. Panduan Rekrutmen & Kaderisasi Partai Politik Ideal di Indonesia. Jakarta : Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Pencegahan, Komisi Pemberantasan Korupsi Bekerja sama dengan Pusat penelitian Politik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2Politik LIPI).
Norris & Lovenduski. 1995. Political Recruitment: Gender, Race and Class in the British Parliament. Cambridge: Cambridge University Press.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suryanef,dkk. 2005. Bahan Ajar Sistem Politik Indonesia. Padang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.
Tim PSI. 2015. ABC Partai Solidaritas Indonesia. Jakarta.
Published
2019-12-19
How to Cite
Pratama, M., & Suryanef, S. (2019). Rekrutmen Calon Anggota Legislatif PSI Sumatera Barat pada Pemilu Legislatif 2019. Journal of Civic Education, 2(5), 419-430. https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.290
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)