Upaya POLANTAS dalam Mengurangi Pelanggaran Lalu Lintas Siswa SMK Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan

  • Nadia Afrita Universitas Negeri Padang
  • Henni Muchtar Universitas Negeri Padang
Keywords: tertib lalu lintas, pelanggaran lalu lintas, SMK 1 Ranah Ampek Hulu Tapan

Abstract

Upaya polisi lalu lintas untuk meningkatkan tertib lalu lintas bagi pengguna kendaraan bermotor sangatlah penting. Kegiatan tersebut bertujuan menciptakan ketertiban, kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas salah satunya pada siswa SMK Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan yang sangat jarang menggunakan kelengkapan berkendaraan bermotor seperti penggunaan helm, kaca spion, dan selain itu juga siswa banyak yang menggunakan knalpot racing dan berboncengan tiga. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa polisi lalu lintas telah melakukan upaya untuk meningkatkan tertib lalu lintas pada siswa SMK Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan dengan Pola preemtif berupa sosialisasi dan penyuluhan, pola represif dengan melakukan razia di sekolah, dan pola Preventif dengan melakukan patroli pada malam hari untuk meningkatkan tertib lalu lintas pada remaja tingkat siswa SMK/SMA, dan SMP. Dari tiga upaya yang telah dilakukan polisi lalu lintas pada siswa SMK N 1 Ranah Ampek Hulu Tapan dalam meningkatkan tertib lalu lintas masih belum maksimal karena ada beberapa kendala baik dari polisi itu sendiri, kurangnya personil polisi lalu lintas dan  dari siswa SMK kurang merespon dari upaya yang dilakukan oleh polisi lalu lintas. Dimana respon siswa hanya berlangsung dalam beberapa hari kemudian kembali tidak mematuhi tertib dalam berlalu lintas. 

References

Barthos, M. (2018). Peranan Polisi Lalu Lintas Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Polres Jakarta Pusat Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Lex Librum: Jurnal Ilmu Hukum, 4(2).
Dedek Buana. 2017. ”Tugas Pokok, Fungsi Dan Peran Polisi Lalu Lintas (Polantas)”. Artikelddk.Com 7 Juli 2017.
Hasibuan, J. P. (2015). Peran Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Berlalu Lintas Siswa Sma Negeri 3 Cirebon (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Maleong, Lexy, J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Pt Remaja Rosdakarya. Bandung.
Noor, Juliansyah. 2015. Metodelogi Penelitian. Prenanda Media Group. Jakarta.
Peratutan Kepolisian Negara Republik Indonesia No 23 Tahun 2010.
Rahim, F. (2018). Peranan Unit lantas Polsek Muara Jawa Dalam Meningkatkan Ketertiban Berlalu Lintas Pada Masyarakat Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara.
Sadono, S. (2018). Budaya Tertib Berlalu-Lintas: Kajian Fenomenologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3).
Sarry, Y. P., & Widodo, H. (2014). Upaya Polisi Lalu Lintas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Berlalu Lintas Pengendara Bermotor (Studi Deskriptif Terhadap Program Kanalisasi Lajur Kiri Pada Satlantas Polrestabes Surabaya). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 564-578.
Standar Operasional Prosedur. Buku Saku Satlantas Sumbar. Sumatera Barat.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabet Cv. Bandung.
Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.
Yuliani, F., & Kristian, T. (2015). Pengawasan Tertib Lalu Lintas Oleh Satlantas Kota Pekanbaru (Studi Kasus Jalan Sudirman). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 2(1).
Published
2019-12-19
How to Cite
Afrita, N., & Muchtar, H. (2019). Upaya POLANTAS dalam Mengurangi Pelanggaran Lalu Lintas Siswa SMK Negeri 1 Ranah Ampek Hulu Tapan. Journal of Civic Education, 2(5), 345-356. https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.294
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>