Pelaksanaan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020 di Kota Padang

  • Ayu Azhari Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
Keywords: sistem zonasi, PPDB, Kota Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sistem zonasi untuk mengatasi persoalan ketimpangan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem zonasi sehingga terjadinya pemerataan pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode deskriptif dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala UPTD Dapodik, Kepala Sekolah, panitia pelaksana PPDB. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan studi dokumentasi. Jenis data dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan dari segi komunikasi belum berjalan dengan baik karena sosialisasi yang diadakan oleh pihak terkait belum menjangkau orang tua dan calon peserta didik. Kemudian sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta pendanaan sudah berjalan dengan baik. Disposisi sudah berjalan dengan baik karena pihak pelaksana sudah serius dalam melaksanakan kebijakan. Begitupun dengan struktur birokrasi yang sudah sesuai dengan tugas masing-masing dalam pelaksanaan kebijakan zonasi. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PPDB sistem zonasi telah berhasil dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Dari sisi jarak rumah siswa dengan sekolah sudah dekat karena menggunakan zonasi sekolah SD asal. Dari sisi mutu siswa juga telah menyebar diberbagai sekolah dengan adanya nilai maksimum dan minimum dalam suatu rombongan belajar di sekolah. 

References

Agustino, Leo. 2012. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Andina, Elga. 2017. Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Pusat Penelitian. Bidang keahlian DPR RI. Vol IX, No 14/II.
Mulyadi, D. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Walikota Padang No 32 tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.
Satria, Novrian Perdana. 2019. Implementasi PPDB Zonasi dalam Upaya Pemerataan Akses dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glaser. Vol. 3. No. 1.
Wahyuni, Dinar. 2018. Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Pusat Penelitian. Bidang Keahlian DPR RI. Vol X, No 14/II.
Published
2019-12-19
How to Cite
Azhari, A., & Suryanef, S. (2019). Pelaksanaan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2019/2020 di Kota Padang. Journal of Civic Education, 2(5), 390-396. https://doi.org/10.24036/jce.v2i5.296
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)