Peran Mata Kuliah Kewirausahaan dalam Menumbuh-kembangkan Jiwa Enterpreneur Mahasiswa PPKn

  • Ahmad Taufik Universitas Negeri Padang
  • Akmal Akmal Universitas Negeri Padang
Keywords: kewirausahaan, mahasiswa, PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mata kuliah kewirausahaan dalam menumbuhkan jiwa enterpreneur Mahasiswa Prodi PPKn UNP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yaitu 30 mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan  mata kuliah kewirausahaan berperan dalam menumbuhkan wawasan berwirausaha, menumbuhkan mental dan semangat berwirausaha, serta meningkatkan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha. Dari temuan penelitian yang dilakukan ditemukan kendala-kendala dalam menumbuhkembangkan jiwa enterpreneur. Kendala yang dihadapi dalam mata kuliah kewirausahaan untuk menumbuhkembangkan jiwa enterpreneur yaitu pertama, masih kurangnya antusias mahasiswa akan pentingnya mata kuliah kewirausahaan. Kedua, masih kurangnya praktek langsung dalam mata kuliah kewirausahaan. Ketiga, kesulitan mahasiswa dalam memulai wirausaha.Upaya yang dilakukan dalam mata kuliah kewirausahaan untuk menumbuhkembangkan jiwa enterpreneur yaitu pertama, menunjang semua proses perkuliahan. Kedua, langsung mempraktekkan teori yang dipelajari dengan turun langsung kelapangan.

References

Setiawan, Adang. 2010. Jejak Langkah Wirausaha Motivasi, History,TeknisUsaha. Bandung : Alfabeta.
Daryanto dkk. 2013. Kewirausahaan Penanaman Jiwa Kewirausahaan. Yogyakarta : Gava Media.
Eriawaty. 2016. Peran mata kuliah kewirausahaan dalam menjmbuhkembangkan Jiwa Enterpreneur Mahasiswa Pendidikan Ekonomi.Palangka Raya. Universitas Palangka Raya.
Moleong, Lexi J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosa
http:// www.bps.go.id (Diakses Pada Tanggal 10 April 2019 Pukul 10.57 Wib)
http://portal2.unp.ac.id/id/hal/kurikulum ( Diakses Pada Tanggal 10 April 2019 Pukul 10.57 Wib)
Published
2019-01-25
How to Cite
Taufik, A., & Akmal, A. (2019). Peran Mata Kuliah Kewirausahaan dalam Menumbuh-kembangkan Jiwa Enterpreneur Mahasiswa PPKn. Journal of Civic Education, 1(4), 343-349. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.298
Section
Articles