Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang

  • Nurul Ismi Universitas Negeri Padang
  • Akmal Akmal Universitas Negeri Padang
Keywords: game online, perilaku siswa, lingkungan SMA

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh game online yang membuat siswa ketagihan dalam bermain game online, motivasi belajar siswa menurun, dan siswa menjadi kurang disiplin terhadap waktu, serta siswa tidak mempedulikan lingkungan disekitar mereka hanya mempedulikan teman yang ada didunia maya game online. Metode penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah, guru PPKn, guru kelas, siswa SMA Negeri 1 Bayang, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, data di analisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak game online terhadap perilaku siswa dilingkungan SMA Negeri 1 Bayang berdampak positif yaitu siswa memiliki banyak teman dan dampak negatifnya yaitu motivasi belajar siswa menurun. Sehingga upaya yang dilakukan yaitu melalui bimbingan orang tua dan guru dengan memberikan nasehat kepada anak, melakukan razia handphone oleh guru dan memeriksa sosial media yang digunakan bekerjasama dengan orang tua siswa.

References

Andrew, Maurice. 2017. “Pengaruh Kecanduan Game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar”. Jurnal Jaffray
Amanda, Rika Agustina.2016. “Pengaruh Game online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda”. Jurnal Ilmu Komunikasi
Tumiyen. 2018. “Program Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Kecanduan Game online Oleh Siswa Kelas VIII SMA Melati Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurnal AL-IRSYAD
Giandi,Ahmad Fajar. 2012. “Perilaku Komunikasi Pecandu Game online Dengan Menggunakan Game online”. jurnal Universitas Padjadjaran
Fauziah,Eka Rusnani. 2013. “Pengaruh Game online Terhadap Perubahan Perilaku Anak Smp Negeri 1 Samboja”. Jurnal lmu Komunikasi
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang “sistem pendidikan nasional”
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang “Guru dan dosen”
Masya, Hardiyansyah dan Candra, Dian Adi. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Syur’aini. 2015. “Penanaman Nilai Karakter Sebagai Upaya Mereduksi Dampak Negatif Era Digital”. Jurnal Fip UNP
Sadulloh, Uyoh. 2015. “Pedagogik (ILMU MENDIDIK)”. Surakarta. Alfabeta.
Kartono, Kartini, 2008 : Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. “Ilmu Perilaku Kesehatan”. Jakarta. Rhineka Cipta
Syahran, Ridwan, 2015 : “Ketergantungan Online Game Dan Penanganannya”. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling
Hasibuan,Rukaiah Proklamasi. 2017 : “Peran Guru Dalam Pendidikan”. Jurnal Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan
Anggarini, Yayu. “Dampak Penggunaan Game online Terhadap Perilaku Remaja ( Studi Deskriptif Kuatitatif Pada Remaja Di Kelurahan asam Kumbang Meda)”.
https://www.metrotvnews.com/play/N0BCGP6W-faktor-faktor-penyebab-kecanduan-game-online https://lifestyle.kompas.com/read/2014/03/20/1642338/Apa.Efeknya.jika.Orangtua.Jarang.Berkomunikasi.dengan.Anak.
Published
2020-02-17
How to Cite
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.