Strategi Partai Amanat Nasional dalam Memenangkan Pemilihan Umum Legislatif 2019

Studi di Dapil II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman

  • Larasati Larasati Universitas Negeri Padang
  • Suryanef Suryanef Universitas Negeri Padang
Keywords: strategi politik, pemilu legislatif, PAN

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi Partai Amanat Nasional dalam memenangkan Pemilu legislatif 2019 di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Penelitian ini penting mengingat bahwa daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto merupakan sebuah daerah yang terpencil, pendidikan politik masyarakat Kecamatan Dua Koto masih rendah dan belum terlalu memahami mengenai strategi yang digunakan partai dalam pemilihan umum. Penelitian ini dilakukan di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian dipilih secara purposive sampling yang menjadi informan penelitian ini yaitu Ketua DPC PAN Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman, Anggota DPRD terpilih PAN di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman, dan masyarakat pemilih di daerah pemilihan II Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Partai Amanat Nasional dalam memenangkan Pemilu legislatif 2019 antara lain melalui penggalangan massa, kampanye politik, sosialisasi untuk memperkenalkan Partai dan calon, serta komunikasi politik langsung dengan masyarakat. Kemenangan PAN dalam pemilu 2019 lalu diharapkan dapat membawa perubahan dan kemajuan dalam masyarakat.


memengaruhi kemenangan PAN yakni terdapat pada sosialisasi untuk
memperkenalkan Partai dan calon, selanjutnya komunikasi langsung dengan
masyarakat dan bagaimana kedekatan Pan serta Calon dengan masyarakat yang tidak hanya saat kampanye atau sebelum pemilu namun setelah duduk menjadi anggota Dewan pun masih dekat dengan masyarakat. kemenangan PAN diharapkan dapat membawa perubahan dan kemajuan dalam masyarakat.

References

Azhar, Anang Anas. 2017. Pencitraan Politik Elektoral : Kajian Politik Segitiga PAN dalam Merebut Simpati Masyarakat. Yogyakarta : Atab Buku
Damayanti, Novita. 2017. Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-JK pada Pemilihan Presiden 2014. Wacana, Volume. 16 No. 2, Desember 2017.
Damsar. 2013. Pengantar Sosiologi Politik. Padang : Kencana Prenada Media Group.
Gafur, Abdul. 2014. Strategi Partai Politik Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pileg Tahun 2014 di Kota Makassar. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Nasution, Ardiansyah Hidayat dan Fauzan Indra. 2017. Strategi Pemenangan Partai Golkar pada Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Mandailing Natal. Politea : Jurnal Ilmu Politik, 9 (2) : 60-74.
Meliandi, Ricky. 2018. Strategi Partai Koalisi dalam Pemenangan AW Nofiadi Mawardi-Ilyas Panji Alam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Ogan Ilir Tahun 2015. Jurnal Studi Sosial dan Politil, Vol.2 No.1, Juni 2018.
Roskin, Michael G, dkk. 2016. Pengantar Ilmu Politik. Jakarta : Kencana.
Rush, Michael dan Phillip Althoff. 1997. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
S, Nurman dan Al Rafni. 2005. Strategi Partai Keadilan Sejahtera Kota Padang dalam Memenangkan Pemilu Legislatif 2004. Demokrasi : Vol. IV No. 2 Th. 2005.
Sari, Ervi Yumika. 2013. Strategi Komunikasi Politik PDI-Perjuangan pada Pemilihan Legislatif Tanjung Pinang Tahun 2009. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Sutanto. 2011. Strategi Partai Demokrat dalam Pemenangan Pemilu Legislatif 2009 di Kota Semarang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Semarang.
Published
2019-01-24
How to Cite
Larasati, L., & Suryanef, S. (2019). Strategi Partai Amanat Nasional dalam Memenangkan Pemilihan Umum Legislatif 2019. Journal of Civic Education, 1(4), 317-324. https://doi.org/10.24036/jce.v1i4.312
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)