Pelaksanaan Program Rumah Pintar Pemilu sebagai Sarana Pendidikan Pemilih
Studi Pada Rumah Pintar Pemilu Di KPU Kota Pariaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Rumah Pintar Pemilu sebagai sarana pendidikan pemilih pada KPU Kota Pariaman. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena program Rumah Pintar Pemilu merupakan program yang dijalankan untuk mengedukasikan kepada masyarakat mengenai pemilu dan demokrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dari penelitian ini yaitu ketua KPU Kota Pariaman, Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Divisi Program dan Data, Kepala Subbagian Teknis dan Hubungan Masyarakat, Staf Teknis dan Hubungan Masyarakat. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Analisis data dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa program Rumah Pintar Pemilu dalam pelaksanaan pendidikan pemilih di KPU Kota Pariaman tidak hanya dilakukan dengan memanfaatkan ruangan yang disediakan, namun juga melakukan sosialisasi seperti KPU Goes to School dan KPU Goes to Campus, fasilitasi Rumah Pintar Pemilu, KPU Pentas Seni atau Dance Jinggle Pemilu dan Pemilu Run sebagai upaya pendidikan pemilih.
References
Buku Pedoman Rumah Pintar Pemilu. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.
Masputri, M. E., Rafni, A., & Dewi, S. F. (2019). Upaya Komisi Pemilihan Umum Kota Solok Menjadikan Rumah Pintar Pemilu Sebagai Sarana Pendidikan Politik. JCE, 2(1), 67–75.
Rafni, A., & Suryanef. (2019). Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula Melalui Rumah Pintar Pemilu. Moral and Civic Education, 3(1), 1–8.
Rafni, A., & Suryanef, S. (2019). The Development Of Election Smart House As A Tool Of Political Education Based On Local Wisdom. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 32(1), 69–77. https://doi.org/10.29313/mimbar.v35i1.4122
Suryanef, & Rafni, A. (2015). Pendidikan Pemilih (Voter’S Education) Bagi Pemilih Pemula Serta Urgensinya Dalam Pembangunan Demokrasi. Prosiding SNaPP2015 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 5(1), 571–576.
https://www.kompasiana.com/pendekatan-preventif-persuasif-jelang-pilpres-2014-antisipasi-konflik-horizontal-pra-dan-pasca-pilpres
http://suarapemred.co/news/politik/read/78271/ini.tujuan.kpu.gelar.pemilu.run.di.34.provinsi